Kuliner

Sejarah Siomay, Bagian Dimsum yang Super Lezat!

Di Indonesia, kita mudah sekali menemukan siomay, baik di resto dimsum, chinese food, atau pinggir jalan. Sebenarnya dari mana sih asal mula siomay? Temukan sejarahnya bersama Pegipegi, yuk!

Awalnya hanya menggunakan daging babi

Meskipun mudah ditemui di Indonesia, namun siomay bukanlah asli Indonesia. Namun, siomal berasal dari negeri Tiongkok, khususmnya di Mongolia Dalam. Siomay dikenal sebagai salah satu varian dari dimsum. Dalam Bahasa Mandarin, siomay disebut shaomai, sedangkan dalam Bahasa Kanton, sering disebut shiu maai.

Siomay sendiri aslinya menggunakan daging babi cingcang yang dibungkus kulit tipis dari tepung terigu. Bisa juga menggunakan daging udang, kepiting, atau daging sapi. Siomay dimasak dengan cara dikukus. Aslinya berbentuk bulat pihih dan diberi garnish bersupa telur kepiting, parutan wortel, dan kacang polong. Mereka menikmati siomay dengan cuka atau kecap asin.

Isinya kini disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia

Siomay bisa masuk ke Indonesia karena adanya percampuran budaya Indonesia dengan Tiongkok. Karena di Indonesia mayoritas beragama Muslim, siomay pun kebanyakan dibuat dengan bahan halal, seperti ayam, ikan tenggiri, atau udang. Bentuknya juga agak berubah, tadinya pipih lalu dibentuk bulat. Kulit siomay di Indonesia nggak lagi dibungkus dengan terigu tipis, melainkan dengan kulit pangsit.

Siomay juga disajikan dengan tambahan makanan, seperti kentang, kol, pare, tahu, telur, dan lain-lain. Siomay Indonesia nggak disajikan kering seperti di Tiongkok. Karena siomay disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan ada rasa pedasnya. Siomay seperti ini awalmnya dipopulerkan di Bandung dan kini bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia.

Masih banyak makanan lezat lain yang bisa kamu icip di Indonesia, selain siomay. Yuk, icip semua kuliner Indonesia dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top