Kuliner

Sejarah Pisang Goreng, Kudapan Lezat Indonesia

Pisang goreng adalah makanan yang terkenal di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Kamu nggak akan kesulitan menemui pisang goreng karena di pinggir jalan pun banyak yang menjual kudapan lezat ini. Bahkan, ibu di rumah pun banyak yang menyajikan pisang goreng untuk keluarga. Kali ini, Pegipegi pengin mengajak kamu berkenalan dengan sejarah pisang goreng!

Awalnya makanan orang Portugis

Pada tahun 1511, orang Portugis datang ke kawasan Melayu. Mereka senang sarapan pisang yang telah dibuka kulitnya, dilumuri tepung, dan digoreng. Lalu, makanan ini diadopsi oleh orang Melayu termasuk Indonesia. Biasanya adonan pisang goreng dilumuri adonan kental yang terbuat dari campuran tepung, telur, sedikit garam, dan gula. Setelah itu, barulah pisang digoreng.

Pisang yang biasanya digunakan adalah pisang kepok karena pisang ini memiliki kadar air yang tidak terlalu banyak dibanding pisang lainnya, sehingga cocok untuk diolah sebagai pisang goreng. Selain itu, pisang yang digunakan adalah pisang yang tidak terlalu masak. Karena, tingkat kematangan pisang akan memengaruhi cita rasanya.

Kini, pisang goreng memiliki banyak varian, seperti pisang molen, pisang pasir, pisang goreng pasir, pisang kipas, pisang goreng sale, hingga pisang nugget. Banyak juga pisang goreng yang disajikan dengan aneka topping, seperti cokelat, keju, atau gula halus.

Sering diklaim sebagai makanan orang susah

Karena mudah dibuat, harganya murah, dan mengenyangkan, pisang goreng sering diidentikan dengan makanan orang yang berpendapatan rendah. Meskipun demikian, pisang goreng tetaplah diminati banyak kalangan. Apalagi, pisang dikenal sebagai buah yang kaya akan kalium, vitamin C, protein, dan lain-lain.

Namun, jika sudah dikelola menjadi pisang goreng, konsumsinya harus dibatasi. Karena sudah mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko, seperti berat badan mudah naik, penyakit jantung, stroke, kolesterol, dan lain-lain.

Paling terkenal pisang goreng Pontianak

Kota di Indonesia yang memiliki jajanan pisang goreng super sedap adalah Pontianak yang terkenal dengan pisang goreng kremesnya. Bukan hanya ada di Pontianak, namun pisang goreng kremes tersebut juga sudah tersebar di seluruh kota Indonesia. Kalau di Pontianak sendiri, pisang goreng kremes sering diburu oleh wisatawan dijadikan oleh-oleh.

Jika kamu berkunjung ke Pontianak, jangan lupa borong banyak pisang goreng kremes, ya! Supaya bujet liburan ke Pontianak murah meriah, yuk pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Pontianak lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke pontianak  cari hotel murah di pontianak

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top