Berita

Sejarah Motif Polkadot yang Tren Lagi Berkat Yayoi Kusama

Kini, orang berbondong-bondong datang ke Museum Macan dan rela mengantre panjang untuk foto-foto di sana. Seperti yang kita tahu, kali ini Museum Macan tengah menghadirkan tema ‘YAYOI KUSAMA: Life is the Heart of a Rainbow’. Yayoi Kusama terkenal akan motif polkadotnya dan itulah yang membuat orang mudah ingat dengan karyanya. Motif polkadot juga sangat berkembang di industri fashion dan berputar setiap dekadenya. Makanya Pegipegi ingin mengajak kamu kenalan dengan sejarah motif polkadot.

Awalnya hanya bintik hitam di dasar putih

Istilah polkadot awalnya dibuat oleh majalah Amerika pada tahun 1800-an dan hanya berwarna hitam dan putih. Istilah polkadot berasal dari nama tarian Eropa Timur yang hits di zaman itu. Lalu, istilah polkadot pun langsung menyebar bagaikan virus pada revolusi budaya pop.

Baju yang dikenakan oleh kartun Minnie Mouse sejak tahun 1940-an juga bermotif polkadot. Di kala itu, polkadotnya berwarna hitam di bajunya yang merah. Frank Sinatra pun pernah mengangkat judul lagu ‘Polka Dots and Moonbeams. Tren polkadot makin terasa penyebarannya di tahun 1950-an. Hingga kini pun, motif polkadot dikenal sebagai motif yang nuansanya retro (jadul), namun tetap digemari oleh para pecinta fashion. 

Polkadot Yayoi Kusama muncul karena trauma masa lalu

Sudah sejak kecil, Yayoi Kusama mengalami halusinasi bentuk dots. Salah satu penyebabnya karena perlakuan burung sang ibu. Halusinasi dalam bentuk audio dan visual tersebut nggak hanya terjadi di masa kecil, namun juga terjadi saat ia dewasa. Pada tahun 1977, Yayoi masuk rumah sakit psychiatric dan memutuskan untuk tinggal di sana karena masalah halusinasi dan depresinya. Halusinasi yang dialami Yayoi Kusama muncul dalam bentuk titik-titik di hampir semua benda yang ia lihat. Sebagai bentuk terapi pada dirinya, Yayoi Kusama pun menuangkan semua yang muncul dalam dunia halusinasinya ke dalam bentuk karya seni.

Motif baju polkadot juga cocok digunakan saat kamu traveling, lho. Jadi, jangan takut bereksperimen, ya! Agar bujet liburan kamu terjangkau, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top