Kuliner

Sejarah Kue Leker, Jajanan Renyah yang Melegenda

Kenal kue leker? Kalau kamu pernah mencicipi kue leker di zaman SD, dapat dipastikan masa kecil kamu bahagia!

Buat anak-anak generasi 90-an, kue leker adalah jajanan yang legendaris. Dengan harga Rp 500, kamu sudah dapat menikmat sepotong kue leker dengan topping manis.

Meskipun camilan pesaing sudah beragam, pamor kue leker nggak dapat tergeserkan. Kamu masih dapat menemukan penjaja kue leker di sekitar SD, pasar maupun pusat perbelanjaan modern seperti mall.

Nah, yang bikin menarik, kue leker tampil lebih modern dengan modifikasinya. Jika di Semarang punya Lekker Paimo dengan topping mewah telur, sosis dan keju, Jakarta punya Kue Lekker Kasim yang nggak pernah sepi pengunjung.

Solo dan Belanda

Nggak ada yang tahu persis kapan dan siapa yang pertama kali muncul dengan resep kue leker. Namun, kota Solo dianggap menjadi rumah bagi kue yang satu ini.

Berasal dari bahasa Belanda, Lekker (enak), kue leker sendiri berkembang pesat di kota Solo. Saat bangsa Belanda akrab dengan sajian panekuk atau pancake datang ke Solo, warga lokal berinisiatif untuk membuat versi hemat dan tipisnya yang kini dikenal dengan leker.

Mantab ya …Lekernya Leker Gajahan Bp. Fothoni #kueleker #lekergajahan

A post shared by Leker Gajahan Bp. Fathoni (@lekergajahan) on

Cara membuatnya pun terbilang mudah. Kamu hanya membutuhkan adonan tepung terigu dan tepung beras yang dipanaskan di atas wajan kecil. Potongan pisang kecil dan gula pasir adalah topping aslinya.

Namun, semakin ke sini, coklat meises dan keju mengiringi transformasi kue leker. Disajikan hangat, kue leker pun makin nikmat jika ditemani dengan segelas teh manis hangat.

Pakai Telur

Kue leker nggak cuma miliki Solo. Kota Surabaya pun juga dikenal dengan sajian camilan renyah yang satu ini.

Yang bikin beda adalah adonannya. Kue leker solo menggunakan telur yang dicampurkan ke dalam tepung terigu, susu dan gula, sehingga tampilannya lebih tebal.

Potongan pisang raja dan coklat tabur menambah istimewa kue leker khas Surabaya. Ya, sedikit mirip dengan martabak manis namun lebih renyah.

Buat kamu yang ingin mencicipi kue leker khas Surabaya, bisa mampir ke kawasan Bratang Binangun, dekat Pakuwon City. Di sana ada kedai Leker Bratang yang bakal memanjakan lidah kamu.

Tertarik buat berburu kue leker yang lezat ini? Yuk, libuan ke Solo. Supaya bujet liburan ke Solo murah meriah, yuk pesan tiket pesawat dan kereta api ke Solo dan cari hotel murah di Solo lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Solo  cari hotel murah di Solo cari hotel murah di Solo

Foto: Leker Gajahan

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top