Kuliner

Sejarah Kolak Pisang, Kudapan Khas di Bulan Ramadan

Menjelang bulan Ramadan, biasanya kudapan buka puasa yang langsung terlintas di benak kita adalah kolak pisang. Karena rasanya begitu enak, kolak pisang pun selalu jadi favorit saat bulan puasa. Psst, kamu sendiri sudah tahu belum mengenai sejarah kolak pisang? Kalau belum, baca artikel Pegipegi kali ini, ya!

Kemungkinan berasal dari Timur Tengah

Kalau selama ini kamu mengira kolak pisang asli dari Pulau Jawa, bisa jadi anggapan tersebut salah. Karena, kolak pisang diperkirakan berasal dari Timur Tengah. Orang-orang di sana suka sekali dengan makanan manis seperti kolak pisang. Selain memiliki cita rasa manis, kolak pisang juga memiliki cita rasa gurih, karena ada kandungan santannya. Selain nikmat, kolak pisang juga bisa membuat orang kembali bertenaga setelah seharian berpuasa.

Digunakan sebagai media penyebaran agama Islam

Dulu, masyarakat Jawa belum mengenal Islam dengan baik, sehingga para ulama mencari cara agar masyarakat bisa memahami Islam. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kolak sebagai media penyebaran Islam. Kata kolak sendiri memiliki arti yang dalam, yaitu merujuk pada kata ‘khalik’ yang dikenal sebagai sebutan untuk Tuhan pencipta alam semesta (Allah SWT). Dengan adanya kolak, masyarakat diharapkan agar semakin dekat dengan Allah SWT.

Isian kolak juga memiliki makna. Isian kolak berupa pisang kepok mengacu pada makna ‘kapok’ dengan harapan agar masyarakat kapok dan tidak lagi ingin berbuat dosa. Ada juga kolak yang diisi ubi, maksudnya mengacu pada ubi yang tumbuh dengan kondisi terkubur di dalam tanah. Hal ini mengajak masyarakat untuk mengubur kesalahan yang pernah dilakukan.

Tradisi makan kudapan manis bukan hanya di Jawa

Tapi, di sejumlah daerah di Indonesia juga melakukan hal yang sama. Bahkan di beberapa negara di Asia Tenggara. Misal di Padang ada bubur kampiun yang mirip kolak. Di sejumlah Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Singapura juga ada makanan seperti kolak yang menggunakan santan. Kini, kolak pun memiliki berbagai variasi dalam hal isi, seperti kolang-kaling, durian, cendol, atau dawet. Dalam pembuatannya, kolak biasanya ditambahkan garam untuk menambahkan rasa gurih. Juga ada daun pandan agar aromanya lebih harum.

Untuk kamu yang akan menjalani ibadah puasa, Pegipegi mengucapkan selamat berpuasa, ya! Jangan lupa untuk merencanakan liburan kamu selanjutnya dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top