Berita

Sejarah Hari Filateli Nasional yang Harus Kamu Tahu

Majunya teknologi dan media sosial, membuat kita lupa bagaimana serunya surat-menyurat atau serunya mengumpulkan prangko. Mungkin aja sebagian dari kamu lupa bahwa tanggal 29 Maret adalah Hari Filateli Nasional. Filateli adalah aktivitas mengumpulkan prangko dan benda-benda pos.

Kebanyakan yang dikumpulkan adalah edisi lama, namun tak jarang edisi baru juga dikumpulkan. Kegiatan mengumpulkan prangko memang terbilang jadul dan sudah jarang yang melakukannya, namun tidak ada salahnya jika kali ini Pegipegi membagikan soal sejarah Hari Filateli Nasional.

Hari Filateli Nasional adalah hari nasional yang ditetapkan oleh komunitas penggemar prangko yang tergabung dalam Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI). Hari Filateli Nasional jatuh setiap tanggal 29 Maret dan ditetapkan pertama kali pada tahun 2006. Ditandai dengan penerbitan prangko seri Hari Filateli. Peresmiannya dilakukan pada FIAP EXCO Meeting di Yogyakarta, yaitu sebuah pertemuan tingkat tinggi dari federasi organisasi filatelis se-Asia Pasifik.

Para filatelis Indonesia memilih tanggal 29 Maret sebagai Hari Filateli berdasarkan lahirnya organisasi pertama para penggemar prangko pada masa Hindia Belanda. Aktivitas mengoleksi prangko sudah berlangsung sejak lama. Orang sudah mengumpulkan prangko tak lama sejak prangko pertama dunia yang disebut Penny Black diterbitkan di Inggris pada 1846. Kegemaran ini bukan saja mewabah di benua Eropa dan Amerika, melainkan sampai ke Hindia Belanda.

Hingga kini, belum ada penelitian mendalam tentang siapa filatelis pertama di Hindia Belanda dan bagaimana aktivitas mereka. Yang pasti, saat memasuki abad ke-20, ada orang-orang yang diketahui menggemari aktivitas filateli di Batavia. Kemudian mereka bersepakat untuk mendirikan sebuah perkumpulan filatelis pertama yang ada di Hindia Belanda, Postzegelverzamelaars Club Batavia (PCB). Perkumpulan tersebut mendapatkan pengesahan dari penguasa Hindia Belanda pada 29 Maret 1922.

Kalau kamu sendiri, masih suka mengumpulkan prangko unik nggak? Untuk yang sedang merencanakan liburan, supaya bujetnya terjangkau, kamu bisa pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: http://filateli.co.id

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top