Kuliner

Sejarah Gingerbread, Kudapan Natal Khas Tempo Dulu

Menjelang Natal, pasti banyak yang membuat atau menjual cookies atau kue kering. Salah satu kue khas Natal yang selalu ada adalah gingerbread (kue jahe) yang renyah dan kaya akan aroma jahe. Pengin tahu kenapa bisa ada gingerbread? Simak bareng Pegipegi, yuk!

Kue khas Natal tertua di dunia

Menurut buku ‘Making Gingerbread Houses’, resep pertama gingerbread muncul dari Yunani ribuan tahun sebelum ada perayaan kelahiran Tuhan Yesus, yaitu tahun 2.400 sebelum masehi (SM). Mulanya, istilah gingerbread merujuk pada sari jahe. Kemudian jadi bergeser menjadi campuran makanan yang dibuat dengan madu dan rempah. Ketika dibuat di Eropa, gingerbread merujuk pada roti rempah atau kue merica.

Pada abad ke-10, gingerbread berkembang di China yang merupakan tempat berasaal jahe. Akhir abad pertengahan, resep gingerbread berkembang di Eropa dan mengalami perubahan dari segi tekstur dan bentuk. Di Jerman dan Paris, gingerbread teksturnya keras, sedangkan di Inggris, gingerbread dibuat lebih lembut.

Bentuknya beragam

Awalnya gingerbread dibuat dengan cetakan kayu yang memiliki ukiran. Kue akan dilapisi dengan icing untuk menonjolkan ukiran pada kue. Bentuk gingerbread pun bermacam-macam, yang paling terkenal adalah bentuk manusia yang pertama kali dibuat untuk Ratu Elizabeth I.

Sedangkan bentuk rumah dibuat pada abad ke -16 oleh Jerman. Rumahnya dibuat lengkap dengan cerobong asap dan salju pada atas gentingnya, sehingga identik dengan perayaan Natal. Rasa pedas dan hangat pada jahe bisa menghangatkan tubuh saat malam Natal.

 

Bisa untuk cari jodoh?

Sejak abad pertengahan, beberapa desa di Inggris punya tradisi agar perempuan yang belum menikah makan gingerbread bentuk man (manusia) agar segera bertemu dengan pasangannya. Bentuk gingerbread man terinspirasi dari legenda rakyat Gingerbread Boy yang menceritakan seorang perempuan putus asa yang membuat gingerbread berbentuk laki-laki dan menghiasnya dengan kismis dan gula.

Untuk kamu yang merayakan Natal, jangan lupa sediakan gingerbread sebagai teman camilan, ya! Jangan lupa juga untuk merencanakan liburan bareng keluarga dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

 

Comments

To Top