Kuliner

Sejarah Gelato yang Harus Kamu Tahu

Banyak yang beranggapan bahwa gelato sama dengan es krim. Padahal keduanya berbeda, lho. Apa sih perbedaannya? Pegipegi juga pengin kasih tahu soal sejarah gelato, nih.

Gelato lebih sehat ketimbang es krim

Jika dilihat dari kandungan lemaknya, es krim menggunakan lemak minimal 10%, sedangkan gelato kadar lemaknya maksimal 10%. Gelato menggunakan sedikit kuning telur atau tidak sama sekali, sedangkan es krim menggunakan banyak kuning telur. Bahan yang digunakan pada gelato umumnya adalah buah-buahan atau cokelat asli, tanpa menggunakan bahan pewarna atau emulsifier. Sedangkan es krim kemungkinan menggunakan pewarna atau pasta. Dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, tentunya gelato terasa lebih nikmat dan lembut di lidah.

Perbedaan lainnya adalah gelato lebih tidak mudah mencair dibandingkan es krim. Karena, gelato hanya memiliki 20–30% udara, sedangkan es krim biasa mengandung 50% udara. Suhu gelato juga lebih hangat ketimbang es krim. Soalnya, gelato disajikan dengan suhu minus 3 derajat celcius, kalau es krim minus 15 derajat celcius.

Seperti apa sejarah lahirnya gelato?

Ketika abad ke-15 dan 16, sebuah keluarga Mediri yang berasal dari Florence, Italia mengadakan sebuah kompetisi. Mereka pengin mencari makanan penutup dingin paling enak di seluruh kota. Ketika itu, ada seorang peternak ayam yang hobi memasak bernama Ruggeri.

Ruggeri mengikuti kompetisi tersebut dan membuat makanan penutup dari es serut yang dilumuri jus buah hingga membuat keluarga Medici terkesan. Ruggeri pun dipilih sebagai pemenang. Suatu hari, salah satu anggota keluarga Medici bernama Catherine akan menikah dengan calon Raja Perancis. Catherine pun membawa Ruggeri ke Perancis, sehingga Ruggeri membuatkan ribuan porsi es serut di pesta pernikahan mereka. Es serut tersebut dikenal oleh masyarakat luas dan dikenal dengan nama sorbet.

Kemudian, keluarga Medici juga menugaskan seniman terkenal dan arsitek Bernardo Buontalenti pada tahun 1500 untuk mempersiapkan jamuan bagi Raja Spanyol. Dengan keahlian kulinernya, Buontalenti mengolah sorbet menjadi sesuatu, yang kini dikenal dengan nama gelato.

Buontalenti dianggap sebagai penemu gelato, namun Francesco Procopio dei Coltelli yang mempopulerkannya. Pada tahun 1686, beliau menciptakan mesin gelato pertama bersama seorang koki dari Palermo. Procopio membuka kafe di Paris dengan nama Cafe Procope yang menjual gelato dan kopi.

 

Pengin banget makan gelato di Bali? Ayo pesan tiket pesawat dan hotel murah di Bali lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke bali cari hotel murah di bali

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

 

Comments

To Top