Kuliner

Sejarah Cakwe, Makanan Pendamping Bubur

Cakwe adalah jenis gorengan yang mudah ditemui di Indonesia, terutama di pinggir jalan. Cakwe bisa dijadikan camilan atau makanan pendamping saat makan bubur. Namun, cakwe sendiri bukanlah berasal dari Indonesia. Pengin tahu sejarah cakwe? Simak artikel Pegipegi berikut ini, yuk!

Bermula dari kisah jenderal asal Tiongkok

Zaman dahulu kala, ada seorang jenderal asal Tiongkok yang jago silat bernama Jenderal Yue Fei. Beliau sangat dihormati karena kehebatannya ketika berperang. Jenderal Yue Fei nggak pernah kalah, bahkan di punggungnya terdapat tato yang memiliki arti khusus, yaitu ‘Segenap Hati Setia dan Membela Negara’. Tato tersebut diberikan oleh ibunya sendiri.

Kehebatan Jenderal Yue Fei membuat iri pejabat lainnya. Ada sepasang suami-istri pejabat yang membuat taktik untuk menjebak Jenderal Yue Fei, sehingga nama baik beliau rusak dan kaisar menjatuhi Jenderal Yue Fei hukuman mati.

Ada bibi tua emosi dan membuat kue

Rakyat pun marah, tapi nggak bisa berbuat apa-apa. Mereka tidak berani protes di depan umum. Ada seorang bibi tua yang sangat benci terhadap suami-istri pejabat itu. Ia pun meluapkan emosi dengan membuat makanan semacam kue pagangan. Supaya tidak ketahuan membenci suami-istri itu, bibi pun membuat nama lain untuk mereka, yaitu ‘Kwe’. Ketika kuenya mau digoreng, bibi itu berteriak ‘Cha Kwe… Cha Kwe!’. ‘Cha’ memiliki arti bunuh.

Untuk kamu yang ingin merasakan aneka kuliner sedap di Indonesia, ayo keliling Indonesia dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top