Berita

Sejarah Bunga Bangkai, si Raksasa Berbau Menyengat

Indonesia memiliki aneka flora yang beragam, salah satu flora yang unik adalah Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi). Bunga ini bisa muncul secara tiba-tiba di tempat berbeda. Kenapa bisa begitu, ya? Yuk, kenalan dulu dengan Bunga Bangkai.

Ditemukan seorang ahli Biologi

Tahun 1818, terjadi pemindahan tampuk kekuasaan penjajahan atas Indonesia dari Belanda ke Kerajaan Inggris. Gubernur Jenderal Sir Stamford Raffles yang saat itu memegang kekuasaan tertinggi atas Indonesia sedang mendalami keanekaragaman hayati bumi pertiwi dengan mengajak seorang ahli Biologi bernama Joseph Arnold menjelajah sebuah daerah di Bengkulu.

Pada saat menjelajah hutan, rombongan Arnold kebingungan dengan bau busuk yang muncul di semak belukar (kini hutan itu terletak di Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan). Seorang anggota rombongan pun kaget ketika mengetahui bahwa bau busuk tersebut berasal dari bunga besar yang sedang mekar-mekarnya.

Bunga berbau bangkai itu diberi nama oleh Arnold, Rafflesia Arnoldi. Diberi nama seperti itu karena sebagai rasa terima kasih kepada Gubernur Jenderal Sir Stamford Raffles yang telah membiayai ekspedisi. Sedangkan orang-orang yang ikut dalam rombongan tersebut menamai bunga itu Bunga Bangkai.

Setelah itu, Bunga Bangkai semakin dikenal hingga mancanegara. Pemerintah pun menetapkan Bunga Bangkai sebagai tumbuhan yang dilindungi. Pada tahun 1992, Bunga Bangkai dipindahkan dari Bengkulu ke Kebun Raya Bogor.

Tidak memiliki alat reproduksi

Ciri-ciri Bunga Bangkai, selain memiliki bau busuk menyengat, yaitu memiliki diameter sekitar 100 cm, berwarna merah dengan corak pada mahkota bunga, nggak memiliki batang dan daun, dan memiliki lima mahkota bunga. Bunga Bangkai juga merupakan bunga parasit yang tidak dapat hidup sendiri. Bunga ini selalu menumpang hidup dengan tumbuhan inangnya.

Yang membuat Bunga Bangkai misterius adalah bunga ini bisa tumbuh dengan sendirinya dan selalu dipertanyakan mengenai asalnya oleh orang-orang. Bunga Bangkai termasuk tumbuhan langka dan tidak dapat dikembangbiakan karena nggak memiliki alat reproduksi.

Bunga Bangkai banyak ditemukan di hutan Indonesia karena iklim tropis sangat cocok untuk pertumbuhannya. Kelembapan udara hutan Indonesia bisa membuat Bunga Bangkai tetap hidup. Namun, bunga ini kadang juga bisa tumbuh di pekarangan rumah dan membuat penghuni terkejut!

Bunga Bangkai hanya salah satu dari keunikan flora yang ada di Indonesia. Masih banyak lho flora lain yang bisa kamu lihat. Ayo keliling Indonesia dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top