Destinasi

Segarkan mata di Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali

Satu lagi tempat wisata alam yang patut dikunjungi di Bandung Selatan, yaitu Kebun Teh Rancabali. Pemandangan serba hijau terhampar saat travelers. menyambangi kebuh teh ini. Apa yang membuat kebun teh Rancabali ini spesial?

Seperti kebuh teh pada umumnya, di Kebun Teh Rancabali travelers bakal disuguhkan pemandangan menakjubkan dengan dominasi warna hijau kekuningan yang berasal dari pucuk daun teh. Dari atas, mata akan dimanjakan dengan perkebunan yang ditata begitu rapi dengan suasana sejuk menjadi pelengkap liburan traveler.

Kebun Teh Rancabali

foto: www.panoramio.com

Tak hanya sekadar menatap keindahan perkebunan ini dari ketinggian, kamu juga bisa lebih dekat merasakan kehidupan para petani teh dengan memasuki area kebun. Jalan sempit dan berkelok tak menjadi penghalang para travelers untuk memasuki area kebun dan berdiri di tengah-tengah pohon teh yang tingginya sepinggang orang dewasa.

Di sini kamu tak cuma menikmati pemandangan, tapi juga berkesempatan menghirup segarnya hawa pegunungan. Maklum, Kebun Teh Rancabali berada di ketinggian 1.628 di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 20 derajat celcius, sehingga wisata alam yang satu ini sangat cocok untuk traveler yang ingin menghilangkan penat kehidupan sehari-hari.

Keindahan pemandangan perkebunan bukan satu-satunya yang menjadi favorit wisatawan. Masih ada hal lain yang bisa membuat kamu bertah berlama-lama di sini yaitu ketika menemukan beberapa air terjun kecil di tepian pohon teh, letaknya persis di sisi kanan jika traveler menuju objek wisata lain yang berada di dekatnya, Situ Patenggang.

Jika kamu ingin mendokumentasikan perjalanan ke Kebun Teh Rancabali, berfoto di tengah-tengah areal perkebunan pun menjadi kegiatan menyenangkan. Selain disuguhkan pemandangan spektakuler, kamu juga akan mendapat pelajaran baru dengan berkunjung ke pabrik tek Kebun Teh Rancabali. Di sini kamu bisa melihat langsung bagaimana pengelolaan teh, mulai dari proses menanam, pembibitan, pemeliharaan, pemetikan sampai akhirnya siap minum. Bahkan, pengunjung juga diperbolehkan mencicipi langsung daun teh yang sudah selesai diolah. Tak cuma itu, karena kamu juga bisa merasakan sensasi tea walk dengan rute dua sampai empat kilometer.

Kapan lagi menyeruput teh hangat langsung di kebunnya dengan ditemani pemandangan luar biasa?

Lokasi Kebun Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali berada di pusat wisata kawasan Bandung Selatan, berdekatan dengan Kawah Putih, Situ Patenggang dan Bumi Perkemahan Ranca Upas, persisnya di Kecamatan Ciwidey.

Karena lokasinya berada di pinggir jalan, tidak sulit menemukan perkebunan yang konon dibangun sejak 1870 ini. Tidak jarang pengunjung menyelipkan ke Kebun Teh Rancabali saat mereka berencana berwisata ke lokasi lain di dekatnya.

Untuk tiba ke sini, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 45 km ke sebelah selatan Kota Bandung. Lama perjalanan bisa memakan waktu hingga dua jam, tapi pengunjung tak perlu takut kebonanan karena sepanjang jalan bakal disuguhkan pemandangan apik.

Bagi kamu yang berniat menyambangi tempat ini dari Jakarta, bisa memanfaatkan tol Cipularang lalu keluar di puntu tol Kopo Bandung. Perjalanan dilanjutkan menuju Soreng, lalu Ciwidey. Dari sini, kamu tinggal menuju ke arah Situ Patenggang. Nah dalam perjalanan ke situ inilah pelancong akan disuguhkan panorama hamparan teh di sisi kiri dan kanan jalan, yang disebut Kebun Teh Rancabali.

(Visited 729 times, 1 visits today)

Comments

To Top