Kuliner

Sedapnya pempek Palembang yang bikin ketagihan

pempek palembang

Travelers, apakah kamu pernah makan pempek Palembang? Untuk bisa menikmati lezatnya pempek, kamu nggak harus travelling ke Palembang, kok, karena saat ini tidak sulit menemukan pempek di Jakarta. Sekarang sudah banyak yang jual pempek baik di gerai pempek atau di penjual pempek keliling. Biarpun nggak original langsung dari Palembang, tapi setidaknya kamu jadi punya sedikit gambaran tentang aroma, rasa dan rupa dari pempek Palembang.

pempek palembang

probisnis.net

Macam-macam pempek Palembang

Pempek Palembang memiliki variasi yang beragam jenisnya seperti, pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek pistel, pempek keriting, pempek kulit, dan lain-lain. Tapi yang terpopuler itu ada 2, travelers, yaitu pempek lenjer dan pempek kapal selam.

Pempek lenjer merupakan pempek yang berbentuk bulat lonjong dan memanjang. Banyak orang bilang jika pempek lenjer ini merupakan ‘The mother of pempek’ karena dari pempek lenjer inilah variasi pempek yang lain bermunculan. Karena bahannya yang murni adonan ikan, maka rasa pempek lenjer ini sangatlah terasa nikmatnya.

Pempek terpopuler selanjutnya adalah pempek kapal selam. Pempek ini menjadi favorit dan selalu dipesan penikmat kuliner Sumatera Selatan. Disebut pempek kapal selam karena bentuknya yang besar dan berisi telur ayam ini sekilas memang mirip kapal selam, travelers. Harga pempek ini bisa dibilang yang paling mahal diantara variasi pempek lainnya, yaitu sekitar Rp 10.000 per buah.

Dalam menikmati pempek Palembang, rasanya akan lebih mantap lagi jika ditambah dengan mie kuning, potongan timun serta cuko yang menyegarkan. Kamu harus coba sendiri untuk membuktikannya, travelers.

Pempek Palembang kapal selam

Mungkin kamu penasaran, kenapa disebut pempek kapal selam ya? Konon, julukan ini diperoleh karena saat digoreng dalam minyak panas, pempek kapal selam akan tenggelam dan baru mengapung ketika sudah matang. Coba bayangkan, pempek rasa ikan dengan teksturnya yang empuk, sedikit kenyal dan ditambah dengan telur pasti membuatmu ingin menambah satu porsi lagi. Selain karena rasanya yang lezat, pempek kapal selam ini juga disukai karena namanya yang unik dan menarik, travelers.

Nggak tahu kenapa, tapi banyak orang yang tekun dan semangat banget menghabiskan satu porsi kapal selam dengan cukonya yang asam dan pedas menyegarkan. Coba deh kamu masuk ke gerai pempek di kotamu. Varian pempek kapal selam pasti ada. Tapi jangan kecewa kalau kehabisan karena varian pempek kapal selam memang selalu diserbu oleh para penikmat kuliner, travelers.

Pengin buat pempek Palembang di rumah?

Jika kamu mau membuat pempek yang asli Palembang, sangat dianjurkan memakai ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Tapi sebenarnya, ada beberapa jenis ikan yang bisa juga digunakan sebagai bahan untuk membuat pempek, misalnya adalah ikan gabus, ikan belida, ikan putak, ikan bilis, ikan parang-parang, ikan bujuk, dan ikan kakap merah.

Seringnya, pembuatan pempek mengombinasikan 2 jenis ikan, yaitu ikan gabus dan ikan tenggiri agar teksturnya nanti terasa lebih kenyal, bentuknya gemuk berisi dan renyah.

Jadi kalau kebetulan kamu lagi pengin buat pempek Palembang sendiri di rumah, kamu bisa pakai ikan alternatif tersebut. Selain itu, ikan yang berasal dari laut juga lebih banyak dipilih karena konon nanti rasa pempek-nya jadi semakin gurih.

pempek-palembang

www.menuresepmasakan.com

Pelengkap pempek Palembang

Salah satu pelengkap yang wajib ada untuk menyantap pempek Palembang tentu saja kuahnya yang asam, manis dan pedas. Kalau di Palembang sana, disebut dengan cuko. Cuko terbuat dari campuran cabai rawit, bawang putih, asam jawa, dan gula merah. Dan agar rasanya tambah asam, cuko ini juga bisa ditambah dengan sedikit cuka putih.

Bisa dibilang pempek Palembang nggak akan lengkap tanpa adanya cuko. Cuko yang enak harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu punya rasa asam, manis, pedas, dan terasa pas di lidah, agar makan pempeknya makin mantap, kamu juga bisa menyandingkan pempek Palembang dengan pelengkap lain, seperti taburan ebi giling, irisan timur, serta mie kuning.

Kalau untuk orang di luar Sumatra Selatan, pempek ini bisa dibilang sebagai camilan atau makanan selingan saja, namun untuk orang di Palembang dan daerah-daerah lain di Sumatera, pempek ini bisa dibilang harus selalu terhidang di meja makan setiap hari. Nah, sudah tak sabar mencicipi lezatnya pempek Palembang ‘kan?

(Visited 961 times, 1 visits today)

Comments

To Top