Kuliner

Seberapa Sehatkah Jajanan Hits Masa Kini, Es Kepal Cokelat?

Es Kepal rasa cokelat memang lagi viral banget. Dessert yang lebih dikenal dengan nama Es Kepal Milo ini tengah diburu para netizen lantaran menggiurkan.

Bisa kamu bayangkan, dalam satu porsi Es Kepal Milo, kamu dapat mencicipi manisnya cokelat  yang dibalut dengan es serut. Selain itu, topping Es Kepal Milo mulai dari meses, kacang hingga bubuk green tea siap membuat lidah bergoyang.

Nggak heran, para pedagang Es Kepal Milo anyar pun bermunculan. Nggak cuma secara konvesional, Es Kepal Milo juga dijajakan secara online lewat layanan ojek online.

Tapi tahu nggak sih kalau Es Kepal Milo punya kandungan kalori yang luar biasa mencengangkan? Ini yang patut diwaspadai, apalagi buat kamu yang memiliki riwayat penyakit dalam.

Nyaris 1.000 Kalori

Untuk membuat satu poris Es Kepal Milo, dibutuhkan lima buah cokelat sachet dengan total kandungan 395 kalori. Terdapat pula satu sachet bubuk cokelat yang mengandung 45 kalori.

Angka belum berhenti di situ. Untuk menambah nikmat, Es Kepal Milo juga memasukkan 90 gram susu kental manis dengan total kalori 296 serta taburan kacang yang memiliki 190 kalori.

Nah, jika ditotal, satu mangkuk Es Kepal Milo mengandung 926 kalori. Nyaris menyentuh angka 1.000 kalori, 250 kalori lebih banyak daripada sepiring nasi uduk dengan lauk komplit.

Sama Dengan 1,5 Kali Makan Harian

Kehadiran Es Kepal Milo memang membuat jutaan netizen di Indonesia panik. Kebanyakan mereka bertanya apakah jajanan yang satu ini sehat atau sebaliknya.

Well, untuk mengetahuinya, kamu harus sadar jika tubuh wanita dewasa (usia 19-30) hanya membutuhkan 2.000-2.200 kalori saja. Sedangkan para pria membutuhkan 2.600-2.800 kalor per hari.

Seluruh kalori dapat diserap dari konsumsi makan tiga kali sehari. Dengan demikian, konsumsi Es Kepal Milo mampu menggantikan jatah nyaris 1,5 kali makan kamu per hari.

Seorang ahli gizi, Ali Khomsan pun mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga konsumsi gula, garam dan lemak harian atas viralnya Es Kepal Milo ini. ” Risiko penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular seperti obesitas, diabetes semakin meningkat. Oleh karena itu, kampanye terkait penyakit-penyakit seperti ini harus terus diupayakan dan disuarakan,” ucapnya.

Intinya, sah-sah saja kok mengonsumsi Es Kepal Milo asalkan tahu takaran kalorinya, ya.

Sudah tahu tipsnya? Yuk rencanakan liburan kamu. Nah, supaya liburan kamu makin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Adhie Sathya

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top