Berita

Sebelum Naik, Wajib Tahu 7 Hal Tentang Kereta Bandara Soetta

Penantian panjang akhirnya berakhir. Jakarta resmi memiliki moda transportasi kereta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Mulai 1 Desember mendatang, PT Railink akan mulai mengoperasikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta untuk publik. Dalam sehari, Kereta  Bandara akan melayani sekitar 80 kali perjalanan.

Dengan total tempuh sekitar 45 menit dari Stasiun Sudirman, Kereta Bandara Soekarno-Hatta diharapkan menjadi moda transportasi andalan para calon penumpang pesawat baik domestik, maupun internasional.

Nah, sebagai persiapan mencoba Kereta Bandara Soekarno-Hatta pada awal bulan mendatang, Pegipegi punya 7 informasi penting seputar transportasi yang satu ini. Penasaran? Simak!

1. 15 Menit Sekali

Untuk rute pertama, Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Kereta Bandara diprediksi akan melayani sekitar 30 ribu penumpang tiap harinya. Dengan total 80 kali perjalanan, KA Bandara siap hadir setiap 15 menit sekali di lokasi penjemputan. Jika masuk jam sibuk, durasi kehadirannya bisa mencapai 30 menit.

2. Airport Railways Ticketing System (ARTS)

Seperti yang sudah diterapkan pada Kereta Bandara Kualanamu, Medan yang bisa dipesan di Pegipegi, PT Railink menggunakan sistem Airport Railways Ticketing System (ARTS). Di mana, pembelian transaksi akan dilakukan secara non tunai, lewat aplikasi mobile, internet booking dan mesin otomatis di setiap stasiun keberangkatan.

3. Luas dan Nyaman

A post shared by Dede_Rusli (@dederuslisaptoto) on

Menggunakan gerbong buatan kota Madiun, Kereta Bandara mampu memuat sekitar 272 penumpang untuk satu rangkaian. Di tiap gerbong, terdapat 42 bangku nyaman dengan dudukan yang empuk, membuat Kereta Bandara terasa nyaman. Nggak seperti KRL atau KRD pada umumnya, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan.

4. Mulai Rp 30 Ribu

PT Railink sudah menetapkan tarif normal Kereta Bandara Soekarno-Hatta di angkat Rp 100.000. Namun hingga akhir tahun, para calon penumpang bisa mendapatkan tiket Kereta Bandara hanya dengan kocek Rp 30 ribu saja. Cukup terjangkau jika dibanding harus naik kendaraan pribadi lainnya menuju Bandara Soekarno-Hatta.

5. 3 Stasiun Menyusul

Untuk pertama, Kereta Bandara hanya akan melayani rute perjalanan Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Namun, tahun depan, tiga stasiun siap menjadi lokasi penjemputan para penumpang. Mereka antara lain Stasiun Manggarai, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper. Ketiganya masih dalam tahap pembangunan.

6. Operasional Sejak Dini Hari

Nggak seperti KRD maupun KRL biasa, Kereta Bandara akan beroperasi mulai pukul 3 pagi. Jadi, buat kamu yang ada jadwal penerbangan subuh, moda transportasi yang satu ini akan sangat membantu, deh! Pengoperasian baru akan berhenti pada pukul 11 malam, sesuai dengan jadwal kedatangan penerbangan terakhir di Bandara Soekarno Hatta.

7. Lanjut Skytrain

Penumpang yang sudah tiba di Stasiun Bandara Soekarno Hatta nggak perlu khawatir kelelahan. Pasalnya, pihak bandara sudah menyediakan layanan gratis Skytrain yang dapat diakses langsung ke berbagai terminal keberangkatan. Begitupula yang ingin berangkat dari Stasiun Bandara, tinggal naik Skytrain menuju ke sana.

Foto utama: railink

Mau liburan hemat? Yuk, segera rencanakan liburanmu dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 274 times, 3 visits today)

Comments

To Top