Tips

Sebelum Liburan Ke Luar Negeri, Lakukan 5 Hal Ini

Jadi kamu sudah punya rencana liburan ke luar negeri bersama keluarga atau teman. Sebelum kamu benar-benar berangkat ke luar negeri, apalagi ke negara-negara di luar Asia dan dalam jangka waktu lama, jangan sampai lupa melakukan lima hal berikut ini, travelers.

Hubungi Bank Kamu

cash-atm-money_large_verge_medium_landscape

Semakin banyak traveler yang memilih menggunakan kartu ATM saat liburan ke luar negeri ketimbang membawa uang tunai. Selain lebih aman, kartu ATM juga memungkinkan kamu mendapatkan uang dengan nilai tukar yang lebih stabil. Bukan hanya kartu ATM, saat ini pun semakin banyak kartu kredit yang bisa digunakan di berbagai negara.

Tapi, jangan lupa hubungi bank tempat kamu membuka rekening dan memberitahukan rencana liburan kamu. Karena jika pihak bank melihat adanya aktivitas penarikan tunai atau transaksi kartu kredit di luar negeri tanpa mendapat info lebih dulu, bisa jadi kartu kamu akan diblokir. Jadi, pastikan kamu hubungi bank dan berikan info tentang rencana liburan kamu ya!

Scan Paspor dan Kartu Bank

Anggap saja kamu  mengalami sial dan kehilangan paspor beserta kartu ATM dan/atau kartu kredit saat di luar negeri. Apa yang harus kamu lakukan? Kalau kamu terlebih dulu membuat salinan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan kartu-kartu bank , kamu bisa mempercepat proses pelaporan dokumen yang hilang serta menggantinya dengan dokumen yang baru. Karena di salinan itu tertera nomor-nomor penting seperti telepon, rekening atau kartu, identitas dan sebagainya.

Pastikan Selalu Membuat Reservasi Kamar Hotel

chicago-river-north-hotel-contact-us-top

Kamu dan teman-teman berencana melakukan liburan spontan ala backpacker dan tidak membuat rencana pasti terkait aktivitas kalian? Boleh-boleh saja. Tapi, sebaiknya kamu membuat reservasi hotel untuk beberapa hari pertama. Jadi ketika kamu berada di negara atau benua yang asing, kamu tidak perlu pusing memikirkan di mana kamu akan menginap.

Cek Apakah Kamu Membutuhkan Visa

Kamu memang tidak membutuhkan visa kalau hanya berkunjung ke Singapura, Malaysia atau Thailand. Tapi beberapa negara di Asia mewajibkan adanya visa dari traveler Indonesia. Jangan sampai rencana liburan kamu berantakan karena kamu lupa mengurus visa dan tidak diizinkan naik pesawat. Kalaupun kamu diperbolehkan naik pesawat, kamu pasti tidak akan lolos di imigrasi negara tujuan kamu dan harus mencari tiket pesawat untuk pulang.

Beli Asuransi Perjalanan

wpid-67f8d12f7123394ba3a2c4ba3b231393

Masih banyak warga Indonesia yang tidak menganggap penting asuransi. Tapi, ada baiknya kamu membeli asuransi perjalanan saat liburan ke luar negeri. Meskipun kamu memiliki asuransi kesehatan pribadi, tidak semua asuransi itu bisa digunakan di luar negeri lho. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, setidaknya kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berobat jika kamu tiba-tiba terserang penyakit atau mengalami kecelakaan saat berada di sana.

(Visited 2,122 times, 1 visits today)

Comments

1 Comment

Comments

To Top