Tips

Sebaiknya, Alokasikan THR untuk 7 Hal Penting Ini

Setelah kamu tahu tentang lima hal yang bikin THR (tunjangan hari raya) cepat habis, Pegipegi ingin berbagi soal menggunakan THR untuk kebutuhan penting supaya kantung kamu nggak jebol. Jadi, sebaiknya THR kamu dialokasikan untuk apa aja sih?

1. Menabung

Masih ingat dengan ajaran orangtua yang menganjurkan kita agar menabung di saat sedang berlebih? Tujuannya tentu positif, yaitu agar di masa susah, kamu masih punya pegangan. THR yang dibagikan oleh perusahaan jumlahnya cukup besar, minimal satu kali gaji. Nah, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menabung. Apalagi jika kamu nggak merayakan Lebaran. Wah, THR kamu bisa ditabung utuh!

2. Mudik

Tiket kereta api dan tiket pesawat menjelang musim mudik memang tidaklah murah, tapi momen Lebaran adalah momen yang tepat agar kamu bisa bertemu keluarga dan saudara. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan THR untuk keperluan mudik.

3. Keperluan Lebaran

Lebaran rasanya kurang kalau nggak ada masakan atau kue khas Lebaran. Kamu bisa mengalokasikan uang THR kamu untuk membeli keperluan tersebut. Ibu atau istri kamu pasti senang deh dikasih uang belanja untuk membeli bahan-bahan masakan atau kue.

4. Zakat atau sedekah

Bagi ummat Muslim, ada kewajiban yang namanya zakat yang digunakan untuk sedekah kepada orang-orang yang tidak mampu. Boleh banget nih, jika kamu memanfaatkan uang THR untuk membayar zakat. Soal aturan memberi zakat, bisa kamu baca di sini, ya!

5. Cek kesehatan atau vaksinasi

Travelers setuju nggak kalau sehat itu mahal harganya? Apalagi, sekarang banyak virus di mana-mana. Kalau tubuh kita sedang lemah, kita bakal rentan terserang penyakit. Baru-baru ini juga ada kabar Julia Perez yang meninggal karena kanker serviks stadium akhir. Penyakit tersebut ternyata bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV.

Sebelum terlambat, ada baiknya kita melakukan cek kesehatan secara rutin, juga vaksinasi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengalokasikan THR untuk kebutuhan tersebut.

6. Pendidikan anak

Bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati, pastinya fokus kamu bukan lagi untuk kebutuhan dan kesenangan sendiri. Salah satu kebutuhan anak yang terpenting adalah pendidikan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk sekolah nggak murah, travelers. THR yang kamu dapatkan sebaiknya dialokasikan untuk biaya pendidikan anak.

7. Diberikan ke orangtua

Jasa orangtua, terutama ibu sangat besar. Berapa pun uang yang kita beri, rasanya nggak akan bisa menggantikan kasih sayang mereka. Tapi, nggak ada salahnya kan jika kamu tetap memberi uang untuk orangtua, salah satunya setelah mendapatkan THR. Meskipun jumlahnya nggak seberapa, mereka pasti bakal tetap senang.

Untuk kebutuhan mudik, rencanakan mudikmu bareng Pegipegi, yuk! Supaya bujet mudik kamu nggak membengkak. Ayo pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: http://www.mpfmaster.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 379 times, 1 visits today)

Comments

To Top