Kuliner

Sate Klopo Ondomohen, kuliner unik dari Surabaya yang wajib kamu coba!

SAte Klopo Ondomohen

Kamu mau jalan-jalan ke Surabaya akhir pekan ini? Jangan lupa mampir ke Sate Klopo Ondomohen ya! Ngga seperti kuliner lainnya, Sate Klopo Ondomohen ngga buka cabang di kota lain. Jadi satu-satunya cara buat mencicipi kelezatan Sate Klopo Ondomohen ya harus datang ke Surabaya dulu, travelers.

Berbagai pilihan Sate Klopo Ondomohen Surabaya

SAte Klopo Ondomohen

foto dari: sijagomakan.com

 

Yang namanya sate memang hampir mirip di mana aja. Tapi kalo Sate Klopo Ondomohen ini agak beda dikit. Diliat dari namanya kamu mungkin menebak kalo kata ‘klopo’ sama dengan ‘kelapa’. Ya, perkiraanmu benar, travelers. Kelapa yang udah disangrai dan dikasih bumbu dicampur sama daging, trus dibentuk bulat-bulat dan dibakar. Membakarnya juga ngga sampe hangus banget kayak sate pada umumnya, travelers.

Ada beberapa pilihan sate yang ditawarkan di kedai Sate Klopo Ondomohen, daging sapi, ayam, udang, sumsum dan usus. Kalo udah selesai dibakar akan disajikan bersama bumbu yang ngga beda jauh sama bumbu sate ayam atau kambing yang biasa lewat di depan rumah kamu. Yaitu bumbu kacang dengan irisan bawang merah dan cabe. Tapi bumbu kacang Sate Klopo Ondomohen lebih halus dan rasanya juga lebih gurih. Klop deh sama Sate Klopo Ondomohen yang gede-gede dan kalo digigit teksturnya terasa lembut di lidah.

Kurang jelas kapan Kedai Sate Klopo Ondomohen ini didirikan. Sepertinya sih udah lama banget ya karena nama ‘Ondomohen’ sebenarnya berasal dari nama jalan di mana kedai legendaris ini berdiri, yaitu Jalan Ondomohen. Dan nama itu memang Belanda banget, travelers. Bisa jadi kedai ini didirikan di era kemerdekaan atau bahkan mungkin di jaman pendudukan Belanda. Nama Jalan Ondomohen memang udah diganti dengan nama Jalan Walikota Mustajab, tapi nama kedai tetap pake Ondomohen karena nama itu dah terlanjur melekat di hati pelanggannya.

Kedai Sate Klopo Ondomohen didirikan oleh Ibu Asih dan beliau pasti sudah lanjut usia sekali sekarang. Dahulu Ibu Asih ternyata hobi berfoto dan cukup fotogenik. Terbukti dari banyaknya foto Ibu Asih bersama selebritis pelanggan Sate Klopo Ondomohen yang tertempel di dinding warung. Sayangnya Pegipegi ngga hafal siapa nama selebritis yang berfoto bareng bersama Ibu Asih, travelers. Makanya kamu datang ke sini aja deh biar ngga penasaran.

Harga Sate Klopo Ondomohen

Dulu Warung Sate Klopo Ondomohen hanya buka dari jam 6 pagi sampe jam 1 siang aja, travelers. Tapi karena animo pelanggan yang luar biasa, kedai legendaris ini pun mengubah jam bukanya menjadi jam 6.30 pagi sampai jam 11.30 malam. Selain berbagai pilihan isi Sate Klopo Ondomohen kamu juga bisa pesan sate original alias sate ayam biasa kalo ngga terlalu suka sama sate kelapa. Rasanya juga enak kok, dagingnya empuk dan ngga terlalu gosong juga. Semuanya ditawarkan dengan harga yang terjangkau banget, yaitu Rp 20 ribu per porsi. Dan dalam satu porsi itu ada sepuluh tusuk sate, travelers. Tersedia juga pilihan nasi putih atau lontong sebagai santapan pendamping Sate Klopo Ondomohen, juga aneka minuman dingin dan hangat.

Alamat Sate Klopo Ondomohen adalah di Jalan Walikota Mustajab No. 36 Surabaya. Kalo kamu datang dari luar Surabaya, kamu tanya-tanya dulu sama teman atau forum traveler di internet yang tentang lokasi tepatnya kedai Sate Klopo Ondomohen. Atau bisa juga kamu naik taksi aja dari terminal atau bandara dan minta pak sopir buat membawamu ke warung legendaris ini. Kalo orang asli Surabaya pasti tau karena warung ini berada di salah satu landmark kuliner Surabaya.

Ayuk kita makan-makan bareng di Sate Klopo Ondomohen liburan mendatang. Biar ngga kehabisan tiket pesawat ke Surabaya, yuk kamu pesan tiket dulu di Pegipegi sekalian booking hotel murah tapi nyaman di Surabaya dan sekitarnya.

(Visited 15,772 times, 1 visits today)

Comments

To Top