Destinasi

Suka tantangan? Cobain Santirah River Tubing Pangandaran, yuk!

River tubing santirah

Bermain di arus liar termasuk salah satu kegiatan favorit di akhir pekan. Santirah River Tubing mungkin bisa menjadi referensi kamu yang masih bingung merencanakan liburan. Pemandangannya yang asri bisa menyegarkan kembali pikiran travelers. Nama Santirah River Tubing mungkin terdengar asing di telinga traveler. Maklum, objek wisata yang satu ini memang terbilang masih baru, karena baru dibuka pada Maret tahun lalu.

Masih berada di kawasan Pangandaran, Santirah River Tubing kini mulai populer di kalangan wisatawan asing dan domestik karena menawarkan pengalaman seru tak terlupakan.

River tubing santirah

foto: www.trovustar.com

Akses ke Santirah River Tubing

Kalau kamu berniat memenuhi rasa penasaran dengan Santirah River Tubing, segeralah berkunjung ke tempat ini yang terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Dari pusat Kota Pangandaran, Santirah River Tubing berjarak kurang lebih 15 kilometer.

Aksesn menuju Santirah River Tubing ini lumayan jauh dari jalan utama, traveler. Tapi karena alasan itu, perjalanan ke sana justru jadi lebih mengesankan. Kamu akan dibawa menyusuri perkampungan penduduk yang dikelilingi pegunungan serta areal sawah luas. Makanya, traveler nggak mudah lelah meski harus berjalan jauh karena suasanya sejuk dan menyenangkan.

 

Keseruan Santirah River Tubing

Lokasi Santirah River Tubing sebenarnya hampir sama dengan Cukang Taneuh atau Green Canyon yang lebih dulu populer di kawasan Pangandaran. Aliran sungai berwarna hijau kebiruan menjadi ciri khas-nya, tapi di Santirah memiliki arus yang lebih deras.

Kegiatan Santirah River Tubing ini pada dasarnya mirip seperti arung jeram, traveler. Namun satu hal yang membedakan adalah, jika arung jeram menggunakan perahu karet yang bisa diisi beberapa orang, Santirah River Tubing cuma memakai ban dalam sebagai tempat kamu mengapung menyusuri aliran sungai.

Sebelum menikmati Santirah River Tubing ada sejumlah standar keamanan yang wajib kamu patuhi, traveler, salah satunya adalah mengenakan peralatan keselamatan yang udah disediakan pemandu. Mulai dari ban pelampung, jaket, helm sampai pelindung kaki mesti kamu pakai demi meminimalisasi risiko jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat mengarungi Sungai Santirah.

 

Santirah River Tubing nggak cuma memberikan pengalaman seru dengan pemandangan magisnya sepanjang 1,5 kilometer perjalanan atau yang biasa ditempuh dengan waktu dua sampai tiga jam. Di sini, kamu juga akan melewati empat gua dengan panjang yang bervariasi.

Gua pertama yang dikunjungi saat Santirah River Tubing adalah Gua Gendang, yang panjangnya mencapai sepuluh meter, lalu Gua Panjang Santirah dengan panjang hingga 100 meter, traveler. Kemudian, masih ada lagi Gua Lengkob dan Gua Uling yang masing-masing memiliki panjang delapan serta sepuluh meter.

 

Dengan kedalaman air yang bervariasi, kamu akan merasakan sensasi beda-beda di setiap titik. Kedalaman yang paling dangkal adalah sepuluh sentimeter hingga yang terdalam mencapai delapan meter, traveler. Keseruan juga akan sangat terasa di Santirah River Tubing karena kamu akan melewati arus yang levelnya berbeda.

 

Saat arusnya tenang, kamu bisa santai-santai menikmati keindahan pemandangan di kanan kiri sungai. Tapi saat melewati arus yang lumayan ekstrem, traveler mesti siaga satu. Namun kondisi inilah yang memberikan pengalaman tak terlupakan di Santirah River Tubing. Nggak sedikit traveler yang berteriak saking serunya saat menemukan arus yang menantang.

 

Setelah seseruan menikmati Santirah River Tubing, traveler tentu akan merasa lapar. Tenang, di sini kamu bisa langsung mengisi perut yang keroncongan dengan nasi liwet hangat serta lauk pauk khas Sunda. Pemandangan segar serta badan yang lelah pastinya membuat nafsu makan siang bertambah, kan, traveler?

 

Harga paket Santirah River Tubing

Seiring makin populernya nama Santirah River Tubing, keberadaan agen travel yang menawarkan kunjungan ke Santirah pun makin berkembang bak jamur di musim hujan.

 

Tapi pada umumnya, harga yang mereka tawarkan nggak berbeda jauh, kok, traveler. Harga paket Santirah River Tubing dipatok mulai dari Rp125.000 sampai Rp150.000 per orang, yang sudah termasuk jasa pemandu, peralatan keselamatan, asuransi dan nggak ketinggalan makan siang setelah menyusuri sungai Santirah.

 

Traveler, tunggu apa lagi, yuk ke Santirah River Tubing sebelum ketinggalan zaman!

(Visited 378 times, 1 visits today)

Comments

To Top