Kuliner

Sahur Mepet Imsak? Yuk, Atasi dengan Menu Praktis Ini!

Tips sahur mepet ala Pegipegi

Saat berpuasa, makan sahur sangat dianjurkan. Menurut berbagai sumber, sahur memiliki banyak manfaat. Di antaranya, menjadi sumber energi untuk beraktivitas seharian penuh, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mencegah munculnya potensi penyakit berbahaya, sampai membantu program diet. Wow! 

Namun, entah karena kelelahan atau alasan lainnya, terkadang bikin kita susah bangun buat sahur. Alhasil, begitu mepet imsak baru deh ‘terjadi kehebohan’ efek kesiangan. Terus kalau lagi begini, biasanya yang terpikirkan cuma makan makanan yang praktis. Tapi nggak boleh asal praktis, ya. Kamu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi, apalagi mengingat saat ini kita berpuasa Ramadan di tengah pandemi COVID-19. Nah, biar sahur mepet nggak bikin kamu sepet, yuk, atasi dengan menu praktis yang dirangkum Pegipegi berikut ini!

Buah dan Roti

Selama berpuasa, kamu sangat disarankan untuk menyediakan buah-buahan seperti pisang, apel, pir, semangka, jeruk, pepaya, alpukat, dan/atau melon. Buah mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh, terlebih lagi saat berpuasa. Sedangkan roti bisa kamu manfaatkan sebagai pengganti nasi yang juga mengenyangkan untuk disantap saat sahur. Roti yang dimaksud di sini adalah roti gandum, travelers. Mengapa? Karena roti gandum memiliki kandungan protein dan serat yang lebih tinggi dibandingkan roti tawar biasa.

Telur dan Alpukat

tips sahur mepet ala Pegipegi

Siapa coba yang nggak suka sama telur? Selain enak, telur kerap dipilih menjadi stok wajib selama #dirumahaja karena mudah diolah. Telur yang kaya protein dan mengandung banyak zat gizi penting ini, biasanya diceplok, dadar, atau orak-arik dulu sebelum dikonsumsi. Olahan telur tadi paling pas dan sehat kalau ditemani sama alpukat, loh. Alpukat kaya akan lemak sehat, protein nabati, dan serat yang tinggi sehingga bikin kamu nggak terlalu lapar saat berpuasa.  

Yoghurt dan Pisang

Yoghurt mengandung bakteri probiotik yang membantu sistem pencernaan dan imunitas agar tetap kuat. Sedangkan pisang mengandung senyawa inulin yang berperan sebagai prebiotik untuk membantu memaksimalkan kinerja probiotik, sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang. Jadi, kombinasi dua menu ini nggak hanya praktis dikonsumsi pas terlambat bangun sahur, tapi juga menyehatkan. Yeay

Oatmeal dan Susu

tips sahur mepet ala Pegipegi

Last but not least! Menu praktis dan sehat lainnya yaitu oatmeal yang diseduh dengan segelas susu segar atau susu UHT (Ultra High Temperature). Oatmeal dijamin mengenyangkan karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang oke buat tubuh kamu. Selain itu, oatmeal plus susu juga bersifat antioksidan yang berfungsi membantu menjaga daya tahan tubuh. Wah, pas banget kan kalau dikonsumsinya di tengah pandemi seperti saat ini!

Semoga menu praktis di atas bermanfaat buat kamu dan keluarga ya, travelers. Btw, sudah kangen traveling belum? Sabar dulu ya, #NantiKitaPegipegiLagi kok! Ketika semua sudah kembali ‘normal’, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus, dan hotel murah di Pegipegi!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

 Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top