Destinasi

Saatnya mencoba agrowisata di Indonesia

Travelers, berwisata sambil mengedukasi diri sudah menjadi hal umum. Tentunya seru belajar sambil bersenang-senang. Salah satu bentuknya adalah agrowisata. Selain berjalan-jalan di perkebunan sambil menikmati sejuknya udara, kamu juga bisa mempelajari ragam flora dari yang umum hingga yang langka. Kegiatannya pun bervariasi, seperti memetik buah, memberi makan hewan ternak, labirin jagung, dan masih banyak lagi.

Bagi travelers yang sudah berkeluarga, kegiatan agrowisata adalah salah satu pilihan favorit untuk berlibur. Wisata berbasis perkebunan memang tidak begitu banyak di Indonesia, tapi kamu bisa mengunjungi tempat-tempat berikut ketika ingin mengajak keluarga lebih dekat dengan alam.

Malang, Jawa Timur

kusuma agro malang

Jika sedang berkunjung ke Malang, Jawa Timur, sempatkanlah mampir ke Kusuma Agrowisata Batu Malang. Lokasinya di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Batu, Malang. Kota Batu ini terletak 19 km dari kota Malang dan berada pada ketinggian antara 680-1.700 m di atas permukaan laut (dpl).

Didirikan pada 1989, kawasan wisata ini awalnya berupa cottage. Lalu dibangun hotel dan rumah kaca (green house) untuk tanaman hias dan ditanam jenis kopi Arabika kerdil varietas Kartika 1 seluas 9 ha. Untuk menarik minat pengunjung, dibangunlah usaha estate dan travel. Pengelola kawasan wisata ini kemudian mulai menambah jenis tanaman untuk wisata agro yaitu stroberi dan membangun green house lagi untuk sayur dan tanaman jenis hidroponik lainnya. Pada tahun yang sama dibangun industri rumahan dengan bahan utama buah apel.

Kawasan Puncak Jawa Barat

agrowisata puncak_wisata indonesia

Udara sejuk di pegunungan tentunya membuat travelers semangat untuk berjalan-jalan. Di kawasan agrowisata Gunung Mas, Puncak, Jawa Barat, kamu bahkan bisa jalan-jalan sambil menunggangi kuda. Jika kamu datang dari arah Gadog, Bogor, tempat ini ada di permulaan deretan perkebunan teh di Puncak, sebelah kanan jalan dengan pintu masuk bertuliskan Gunung Mas.

Ditemani pemandu, kamu bisa sekalian olahraga tea walk juga lho. Tak hanya itu, travelers juga bisa menyambangi pabrik teh sembari ditemani pemandu, menginap di kawasan tersebut, sampai berenang di kolam renang Tirta Mas. Kamu yang ingin naik kuda, bisa langsung mendatangi pemilik kuda setempat untuk meminjam kudanya. Sementara yang ingin berjalan kaki, bersama pemandu khusus, travelers akan diajak berjalan santai mengelilingi areal perkebunan teh dengan tiga rute pilihan yakni rute 4 km, 6 km dan 8 km. Saat berjalan santai ini, akan ditunjukkan langsung bagaimana cara memetik teh dari pohonnya.

Sulawesi Tengah

lembah napu

Lembah Napu Poso yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah terkenal dengan kawasan agrowisatanya. Berjarak dua jam perjalanan dari kota Palu, daerah ini merupakan daerah subur yang ditanami berbagai pohon buah dan sayur-sayuran. Selain bisa melihat beberapa kebun jeruk, kamu akan dihadapkan dengan pemandangan hamparan padang rumput yang luas. Udara sejuknya membuat travelers betah untuk hanya sekadar berdiam diri saja. Di kawasan ini juga terdapat Danau Tambing di kaki Gunung Nokilalaki yang biasanya dijadikan tempat berkemah bagi anak sekolah dan anak muda.

Yogyakarta, DIY

salak wisataindo

Jalan-jalan sambil makan buah salak mungkin seru juga ya? Di Kabupaten Sleman, Yogyakarta ada perkebunan salak di mana travelers bisa mencicipi langsung salak pondoh yang terkenal enak itu. Agrowisata Salak Pondoh menjadi salah satu alternatifnya. Lokasinya cukup mudah dijangkau, terletak di Kampung Gadung, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, sekitar 25 km arah utara Yogyakarta.

Di sini, kamu bisa menemukan sekitar 17 jenis tanaman salak. Mulai dari salak pondoh super, salak pondoh kuning, salak pondoh hitam, salak condet, salak manggala, salak gading, salak bali, salak semeru, hingga salak tanonjaya. Hanya dengan Rp10.000, travelers bisa memetik dan mencicipi buah salak langsung dari pohonnya, plus diberikan penjelasan segala hal tentang salak oleh sang pemandu.

Buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB, travelers disarankan datang ketika musim berbuah yakni pada Mei-Juni dan November-Desember. Di luar bulan ini, buahnya jarang dan ukurannya kecil-kecil. Oh ya, travelers bisa membawa buah-buahan di sini sebagai oleh-oleh, seru kan?

Yuk, beli tiket pesawat ke tempat-tempat di atas dan info hotel terbaik hanya di PegiPegi.com

(Visited 854 times, 1 visits today)

Comments

To Top