Tips

Rute Utama Menuju Wisata Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan adalah tujuan pariwisata yang sangat menarik. Selain memiliki Taman Nasional Bulusaraung yang sangat asri, Sulsel juga siap membius kamu dengan kemegahan Rammang-Rammang.

Berlokasi di Kabupaten Maros, Rammang-Rammang merupakan pegunungan kapur alami. Rammang-Rammang terbentuk akibat proses pelarutan suatu kawasan batuan karbonat (batuan mudah terlarut), sehingga menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik dengan ciri exokarst (di atas permukaan) dan indokarst (di bawah permukaan).

Menariknya, Rammang-Rammang menjadi karst ketiga terbesar di dunia setelah pegunungan kapur di China Selatan dan Vietnam. Dibalut dengan lanskap hutan hijau serta Sungai Pute yang mengalir tenang di bawahnya, Rammang-Rammang bisa jadi destinasi wisata yang nggak boleh kamu lewatkan kala berlibur di Sulawesi Selatan.

Nah, sebagai referesi kamu, Pegipegi memiliki rekomendasi rute yang bisa kamu tempuh menuju kawasan wisata Rammang-Rammang. Yuk, disimak biar nggak penasaran!

Angkutan Umum

Buat kamu yang berasal dari luar Sulawesi, silahkan transit terlebih dahulu di Bandara Sultan Hasanuddin. Dari situ, kamu bisa menumpang pete pete atau angkutan umum dengan trayek Pangkep dan turun di pertigaan Semen Bosowa. Nah, dari situ, kamu tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju gerbang wisata Dermaga Salenrang.

Kendaraan Pribadi

Yang ingin menggunakan pribadi dari kota Makassar, silahkan arahka kendaraan ke arah Maros. Agar muda, lewati rute angkutan umum Pangkep yang melintasi Bandara Sultan Hasanuddin. Saat melintasi pertigaan Semen Bosowa, belok kiri menuju dermaga Salenrang. Titipkan kendaraan kamu di sana dengan tarif parkir yang disesuaikan.

Lanjut dengan Perahu

Nah, untuk menuju kawasan Rammang-Rammang, kamu harus menumpang perahu di Dermaga Salenrang. Siapkan uang tunai untuk sewa perahu. Untuk 1-4 orang, kira-kira harga sewa perahunya Rp 200 ribu per perahu. Untuk tujuh orang, kira-kira harga sewa perahunya Rp 250 ribu. Sedangkan untuk 10 orang, harga sewanya Rp 300 ribu. Perjalanan bisa memakan waktu 1,5 jam menuju Rammang-Rammang.

Jadi nggak sabar buat liburan ke Rammang-Rammang? Langsung aja pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Makassar lewat Pegipegi. Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah  ke Makassar cari hotel murah di Makassar

Foto: Shutterstock

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top