Destinasi

Rumah Pengasingan Bung Karno, saksi cinta Sang Proklamator

Rumah pengasingan Bung Karno merupakan salah satu bangunan paling bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tak hanya itu, di sini juga menjadi saksi bisu perjalanan cinta Soekarno dengan Fatmawati.

Saat berkunjung ke Bengkulu, traveler pastinya nggak boleh melewatkan rumah pengasingan Bung Karno dalam daftar itinerary kamu. Di sebuah bangunan sederhana namun tampak masih sangat rapi ini, kamu bisa merasakan getaran-getaran cinta sang proklamator kemerdekaan Republik Indonesia dengan Fatmawati, wanita yang ikut berperan besar dengan menjahitkan bendera merah putih.

Lokasi Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan BUng Karno Bengkulu

foto:novaveronica.wordpress.com

Menemukan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu tidaklah sulit, traveler. Berada di pusat kota, akses ke bangunan bersejarah ini cukup memudahkan wisatawan, bahkan untuk yang pertama kali datang ke Bengkulu.

Rumah pengasingan Bung Karno berada di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Anggut Atas, kecamatan Gading Cempaka. Dari pusat kota, jaraknya kurang lebih hanya lima kilometer. Jika traveler menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, cuma butuh waktu sekitar sepuluh menit untuk tiba ke rumah pengasingan Bung Karno dari pusat kota.

Benteng Marlborough bisa dijadikan sebagai patokan untuk menemukan rumah pengasingan Bung Karno ini. Maklum, jarak antara keduanya lumayan dekat, hanya sekitar 1,6 km. Atau kamu juga bisa menggunakan Kantor Walikota Bengkulu sebagai panduan jalan, karena letaknya memang tidak terlalu jauh.

Wisata Rumah Pengasingan Bung Karno

Meski kental dengan aroma sejarah, wisata ke rumah pengasingan Bung Karno jauh dari kata membosankan, traveler. Di sini, kamu tidak cuma disajikan rangkaian perjuangan Soekarno untuk memerdekakan bangsa dari penjajah tapi juga akan dibawa tenggelam dengan kisah romansa sang presiden pertama RI dengan Fatmawati.

Di rumah pengasingan Bung Karno yang ditempati di  tahun 1938 sampai 1942 ini, Soekarno pertama kali bertemu Fatmawati sebelum akhirnya memadu kasih untuk kemudian sampai ke gerbang pernikahan.

Sebelum menjadi rumah pengasingan Bung Karno, bangunan seluas 162 m2 adalah milik pengusaha Tionghoa Tan Eng Cian yang kemudian disewa pemerintah Hindia Belanda untuk menempatkan Bung Karno selama dibuang di Bengkulu. Makanya, sampai sekarang nuansa Tiongkok masih sangat kental terasa saat kamu mengunjungi tempat ini, traveler.

Hingga saat ini, tak diketahui kapan bangunan ini pertama kali berdiri, tapi diprediksi sudah dibangun sejak awal abad ke-20. Meski usianya sudah cukup tua, rumah pengasingan Bung Karno masih tampak terawat dan kokoh. Halamannya yang luas dan ditumbuhi berbagai tanaman mempercantik rumah pengasingan Bung Karno sekaligus memberikan kesan sejuk.

Di rumah pengasingan Bung Karno ini, kamu juga bisa melihat banyak benda-benda bersejarah yang menemani Bapak Proklamator menyusun strategi perjuangan. Penataan koleksi benda bersejarah juga terlihat rapi dan teratur, sehingga nggak ada kesan membosankan saat mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno ini.

rumah pengasingan bung karno

wisatamelayu.com

Sebuah ranjang besi yang digunakan Soekarno serta keluarganya juga masih tertata rapi di rumah pengasingan Bung Karno ini. Ada pula koleksi buku yang kebanyakan berbahasa Belanda dipajang di ruang tamu. Kamu juga bisa menemukan seragam grup tonil Monte Carlo asuhan Bung Karno, traveler.

Traveler juga akan disuguhkan foto-foto Bung Karno bersama keluarganya yang dipamerkan di rumah pengasingan Bung Karno. Namun, koleksi yang biasanya paling menyedot perhatian adalah sepeda tua yang menemani Bung Karno selama tinggal di Bengkulu. Hampir semua traveler yang datang pasti mengabadikan sepeda ini dalam jepretan kamera mereka.

Rumah pengasingan Bung Karno ini pernah direnovasi pada 2006 oleh Pemprov Bengkulu, meski bangunan lamanya tetap dipertahankan. Traveler juga nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menyusuri jejak Bung Karno di Bengkulu, dengan cukup membayar Rp2.500 saja.

 

(Visited 450 times, 1 visits today)

Comments

To Top