Kuliner

Rujak Soto, Sajian khas Banyuwangi yang Lezat dan Menggigit di Lidah

Siapa bilang Banyuwangi nggak punya kuliner yang spesial? Jika kamu kulik lagi, kota yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini punya satu sajian lezat, rujak soto.

Dari namanya sih nggak kebayang bentuknya. Apalagi, pandangan soto sebagai hidangan berkuah dengan nasi dan suwiran ayam maupun daging sapi terasa nggak pas jika dipadukan dengan rujak.

Tapi, jangan khawatir. Karena, rujak soto nggak menggunakan buah di dalam hidangannya. Kata rujaknya sendiri diwakilkan oleh cingur sapi yang lebih dikenal sebagai bahan utama dari rujak cingur khas Surabaya.

Cingur yang sudah dipotong-potong di rendam ke dalam kuah soto babat lengkap dengan sayuran seperti kangkung dan toge. Nggak berhenti di situ, biar rasanya makin tajam, rujak soto juga dicampur dengan adonan kacang, gula merah dan petis udang, lho.

Dengan tampilan kuah kuning bening, rujak soto sendiri merupakan hasil alkultrasi kuliner dari Surabaya dan Madura. Sehingga, nggak cuma terasa nikmat, rasanya seakan mewakili jiwa masyarakat kedua daerah tersebut yang menetap lama di Banyuwangi.

Banyuwangi sendiri memiliki berbagai kedai rujak soto lezat yang wajib dicoba. Salah satunya Pondok Rujak Soto di kawasan Songotrunan. Yang bikin menarik dari kedai ini adalah rujak sotonya juga dilengkapi telur rebus yang bikin puas.

Selain itu juga ada kedai Rujak Soto Bu Sum yang menawarkan sajiannya lengkap dengan daging ayam dan sapi yang gurih dan bikin nagih. Tertarik berburu rujak soto di Banyuwangi?

Sekalian liburan ke Banyuwangi! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Banyuwangi lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top