Tips

Road Trip Jadi Tren Liburan Baru, Ternyata Ada Manfaatnya!

manfaat road trip

Saat ini, banyak masyarakat tertarik melakukan road trip menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga atau sahabat. Selain berkesan dan lebih hemat budget, road trip juga bagus untuk menjalin kekompakan satu sama lain. Di samping itu, ada beberapa manfaat lain road trip yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan kalau besok-besok kamu berencana melakukannya. Langsung saja, simak ulasan berikut, yuk!

Rehat dari Rutinitas Monoton

manfaat road trip
Ilustrasi, Sumber: Unsplash/ Averie Woodard

Tidak dapat dipungkiri, kamu mungkin pernah merasa hari-harimu membosankan. Bangun tidur, mandi, bersiap-siap, pergi bekerja, pulang, dan tidur. Belum lagi, harus mengurus keluarga dan anak-anak di rumah. Esok juga harus melakukan hal yang sama. Begitu terus, berulang-ulang.

Bila dibiarkan, rasa bosan bisa menumpuk dan akhirnya membuat kamu stres, loh. Maka, cobalah berani untuk keluar dari zona nyaman. Rencanakan road trip! Lakukan perjalanan dalam rangka healing. Dengan begitu, kamu bisa ‘memecah’ kejenuhan yang selama ini tertahan. Siapa tahu, sepulang dari road trip, kondisi mental kamu jauh lebih baik dan siap menjalani hari-hari kembali.

Mengunjungi Tempat yang Belum Pernah Dilihat

manfaat road trip
Ilustrasi, Sumber: Unsplash/ Dino Reichmuth

Selama perjalanan, bukan tidak mungkin kamu menemukan destinasi wisata tersembunyi (hidden gem) yang belum banyak diketahui. Atau, kamu bisa mengatur jadwal saat road trip untuk datang ke tempat baru yang tidak terduga.

Hal-hal semacam inilah yang membuat kamu sadar bahwa ada banyak hal menakjubkan di luar sana. Dan sering kali, sesuatu yang ditemukan tanpa rencana menjadi memori tidak terlupakan dalam hidup. Apalagi, kalau kamu berkesempatan berbaur dengan masyarakat setempat yang memiliki budaya berbeda. Pasti menyenangkan, ya.

Menemukan Hal Baru tentang Diri Sendiri

manfaat road trip untuk kesehatan
Ilustrasi, Sumber: Unsplash/ Harley-Davidson

Road trip bisa menjadi salah satu cara untuk mengintropeksi diri. Belajar tentang diri sendiri, berimprovisasi, dan melatih inisiatif saat berada dalam situasi berbeda. Terkadang, karena padatnya rutinitas harian selama ini, kamu mengabaikan apresiasi untuk diri sendiri.

Padahal, memberi penghargaan terhadap diri merupakan poin penting agar semangat tetap terjaga. Nah, dengan merencanakan road trip bersama orang tersayang, kamu bisa sembari belajar lebih peka dan sekaligus menjadi alternatif self-reward atas kerja kerasmu.

Menyadarkan Hal Penting yang Terlupakan

manfaat road trip untuk kesehatan mental
Ilustrasi, Sumber: Unsplash/Balkan Campers

Disadari atau tidak, di tengah hiruk pikuk kehidupan sehari-hari, kamu bisa saja teralihkan dan melupakan hal yang sebenarnya penting. Ini bukan bicara tentang uang atau harta, tetapi kebersamaan.

Bila direnungkan, sudahkah kamu yakin bahwa 24 jam yang dilalui setiap hari memberi makna berarti bagi keluarga atau orang terdekat? Bisa jadi, jawabannya belum. Maka dari itu, ambil jeda. Atur jadwal untuk melakukan perjalanan jauh bersama mereka yang selama ini mungkin terabaikan.

Perjalanan darat juga bisa ‘memanggil’ kembali memori lama yang pernah dialami bersama orang-orang terkasih. Dan, tentu saja mengingatnya lagi adalah suatu hal yang berharga.

Istirahat Sejenak dari Media Sosial

manfaat road trip
Ilustrasi, Sumber: Unsplash/ Karl Fredrickson

Media sosial –Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, dan lainnya- adalah hal yang bersifat adiktif. Apabila dimanfaatkan secara berlebihan akan menyebabkan candu. Alhasil, ini akan berujung pada kerusakan mental ketika kamu merasa tidak bisa hidup tanpa media sosial.

Efek buruknya lagi, jika sampai membuat diri membandingkan hidup dengan orang lain yang secara visual tampak lebih baik lewat unggahannya di media sosial. Kalau sudah demikian, rasanya kamu perlu rehat sejenak, deh. Beranikan diri ‘puasa’ dari media sosial dalam beberapa waktu ke depan. Kemudian, lakukan road trip tanpa harus posting apa pun.

Toh, ada atau tidaknya media sosial, hidup akan terus berjalan, kan? Tentu saja, kamu pun akan tetap baik-baik saja, meski sama sekali tidak mengunggah foto atau video. Ingat, terkadang sesuatu yang awalnya baik, bisa menjadi buruk apabila tidak dapat dikendalikan.

Sekarang, sudah tahu, kan, apa saja manfaat road trip? Nah, dengan pengalaman berharga dan beragam hal menyenangkan lainnya, road trip menjadi tren liburan baru yang bisa direalisasikan, nih, setidaknya sekali seumur hidup. Rasakan serunya menikmati perjalanan sambil mengukir kenangan bersama orang terbaik. Semoga ulasan di atas bermanfaat buat kamu, ya!

Sebelum berangkat atau sampai di tujuan, jangan lupa cek promo hotel yang berlaku di Pegipegi buat tempat istirahat kamu. Juga, jelajahi destinasi domestik dan internasional yang kamu inginkan dengan mudah dan hemat pakai Pegipegi! #PegipegiYuk #PegipegiLagi

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Jangan lupa install aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store guna memudahkan transaksi kamu di masa pandemi, ya!

google-play
apps-store

SUMBER FOTO UTAMA: ILUSTRASI (UNSPLASH/ KARL FREDRICKSON)

Comments

To Top
%d bloggers like this: