Destinasi

Gemuruh ribuan kelelawar di Pura Goa Lawah Bali

Pura Goa LAwah

Pura Goa Lawah yang ada di Klungkung menjadi satu dari sekian banyak pura-pura unik di Bali. Keunikan yang dimiliki, yaitu keberadaan kelelawar berjumlah ribuan membuat banyak wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Dalam bahasa lokal, ‘goa’ berarti gua dan ‘lawah’ berarti kelelawar. Jadi, Pura Goa Lawah ini punya hubungan erat dengan gua dan kelelawar. Nah kali ini, Pegipegi mau mengulik lebih dalam lagi tentang Pura Goa Lawah buat travelers semua.

Pura Goa LAwah

foto: backpackerreport.com

Lokasi Pura Goa Lawah Bali

Lokasi Pura Goa Lawah Bali terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Kalau kamu berkendara dari Denpasar, pura ini dapat ditempuh sejauh 50 km. Sedangkan kalau dari kota Klungkung, Pura Goa Lawah dalam dijangkau sekitar 10 km. Dan dari kota Denpasar, kamu tinggal mengarahkan kendaraan ke Padang Bai atau Candisara.

Lokasi Pura Goa Lawah Bali yang ada di dekat tebing Bukit Tengah membuat atmosfir disekitarnya terasa begitu nyaman dengan angin sepoi-sepoi yang mengantarkan hawa sejuk. Letaknya juga berseberangan dengan Pantai Kusamba dengan pasir hitam yang membentang. Dan dari pantai ini, kamu juga bisa dengan mudah melihat Pula Nusa Penida.

Pura Goa Lawah untuk kegiatan religi

Pura Goa Lawah atau juga dikenal dengan Pura Sad Kahyangan Goa Lawah dibangun untuk memuja Dewa Laut. Kalau baru pertama kali datang, mungkin kamu akan terkesima dengan keunikan yang dimiliki pura ini. Kenapa? Karena gua ini letaknya tepat di bawah pohon yang cukup rindang sehingga kesan adem dan mistis langsung terasa. Umat Hindu juga menempatkan sesaji dan beberapa tempat pemujaan di mulut gua sehingga kesan spiritual langsung tersebar.

Pada Hari Anggarakasih Medangsia pada sistem penanggalan di Bali, Pura Goa Lawah digunakan untuk upacara keagamaan yang dilakukan 6 bulan sekali. Tempat yang digunakan adalah Pura Segara yang letaknya dekat pantai dan menjadi pusat pemujaan Dewa Laut di Pulau Dewata. Umat Hindu akan melakukan persembahyangan selama prosesi pujawali atau piodalan berlangsung.

 

Pesona Pura Goa Lawah

Perpaduan suasana pantai di seberang jalan, gua, pura, dan perbukitan yang mengitarai pura membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Klungkung. Pura Goa Lawah sendiri mempunyai 2 pintu utama yang letaknya ada di sebelah timur, di mana disebelahnya terdapat pohon besar yang sudah berumur tua. Sedangkan pintu yang kedua letaknya ada di sebelah barat dan sering digunakan sebagai tempat masuk wisatawan ke Goa Lawah.

Karena kamu mau mengunjungi tempat religi, norma-norma kesopanan pun harus dijaga. Bahkan pengunjung diwajibkan memakai selendang yang diikatkan di pinggang dan memakai sarung. Sedangkan wanita yang sedang haid tidak perbolehkan masuk. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000* per orang, termasuk sewa sarung, kamu sudah bisa mengeksplorasi bagian dalam Pura Goa Lawah. Jam buka ke Pura Goa Lawah juga lumayan panjang, yaitu pukul 07.00 – 19.00.

Setelah masuk ke dalam, kamu bisa lihat ada bale-bale serta 3 pintu besar yang menghadap ke arah selatan. Simbol kelelawar yang sedang mengepakan sayap juga dapat ditemukan pada bagian atas pintu masuk bagian tengah yang selalu ditutup. Kamu bisa masuk ke dalam gua melewati pintu bagian timur atau barat.

Oh ya, kalau kamu penasaran dimana kelelawar itu menempati Pura Goa Lawah, kamu bisa menengok ke sisi sebelah utara pura. Di sana terdapat gua alam dengan jumlah kelelawar yang mencapai ribuan. Tidak heran kalau suara berisik dan bergemuruh sering terdengar di sekitar pura. Kelelawar itu keluar-masuk gua tanpa mengenal waktu.

Kelelawar Pura Goa Lawah

foto: www.tripadvisor.com

Sebagian bergelantungan di dinding gua dan sebagian yang lain sibuk berdesakan dengan yang lain. Sepertinya harmoni alam antara hewan bersayap dengan pengunjung Pura Goa Lawah Bali sudah terjalin dengan baik ya travelers. Nyanyian alam dari suara ‘berisik’ kelelawar dan suasana religi membuat atmosfir di tempat ini lebih spiritual.

Mencoba kuliner di sekitar Pura Goa Lawah

Travelers, mampir ke destinasi wisata nggak lengkap rasanya kalau nggak icip-icip makanan ya. Kalau kebetulan lagi liburan ke Pura Goa Lawah, nggak ada salahnya mencoba kuliner lokal. Di sepanjang jalan, tepatnya di Desa Pesinggahan dekat Pura Goa Lawah, terdapat banyak warung makan yang menawarkan menu seafood. Ada sup ikan, pepes ikan, ikan bakar, dan ikan goreng. Makin mantap rasanya kalau menu tersebut didampingi sambal mentah dan sambah merah bumbu Bali. Segarkan juga lidahmu dengan es kelapa muda.

Travelers, siap meluncur ke Pura Goa Lawah Bali? Kamu bisa masukan destinasi wisata ini saat kamu liburan ke Bali. Yuk pesan tiket pesawat dan booking hotel di Klungkung Bali di Pegipegi.com.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 519 times, 2 visits today)

Comments

To Top