Rekomendasi

8 Rekomendasi tempat wisata kuliner di Bandung

Nasi Kalong Bandung

Kawasan-kawasan kuliner Bandung tersebar di berbagai spot. Bandung yang juga jadi rumah kreatif bagi penghuninya selalu mengejutkan travelers yang datang. Dikenal juga sebagai surga kuliner, Kota Kembang ini pun terus melakukan inovasi yang membuat pemburu makanan enak merasa betah dan tertantang untuk mengeksplorasi kawasan-kawasan kuliner Bandung.

Karena lokasinya cukup menyebar, kamu pasti perlu info lebih komplit ‘kan travelers? So, biar acara hunting makanan makin asyik, kali ini Pegipegi mau kasih rekomendasi kawasan-kawasan kuliner Bandung yang wajib dikunjungi saat liburan. Yuk disimak bareng-bareng!

1.    Kampung Daun

Kampung Daun

foto: panduanwisata.id

Kalau travelers mencari kawasan-kawasan kuliner Bandung dengan nuansa pedesaan yang terasa begitu alami, sejuk, dan hijau, Kampung Daun ini bisa dipilih. Lokasinya berada di sebelah utara kota Bandung, tepatnya dekat dengan obyek wisata Cihideung. Bagi kamu yang baru datang, Kampung Daun ini memang unik dan jauh dari hirup pikuk keramaian kota. Pengelola tidak hanya memperhatikan tempatnya saja tetapi juga rasa dan sentuhan artistis yang akan membuat penikmat kuliner terkesan.

Menu yang disajikan adalah menu tradisional seperti nasi bakar, sop buntut, bebek goreng, gurame goreng, batagor, surabi, iga bakar, steak, es krim, dan nasi liwet yang disajikan dalam peralatan makanan yang terbuat dari anyaman bambu. Yang spesial dari Kampung Daun adalah nasi timbel yang diolah bersama rempah alami serta nasi goreng dengan penyajian cukup unik, dimana semuanya bisa dinikmati di saung-saung sambil lesehan. Konsep ‘Back To Nature’ pun begitu kental terasa di Kampung Daun.
Alamat Kampung Daun : Jalan Sersan Bajuri km 4,5 no 88 RR1, Bandung.
Buka pukul 11.00 – 23.00 dan tutup pukul 24.00 saat weekend.

2.    Punclut

Punclut

foto: bandungtourism.com

Satu lagi tempat wisata kuliner Bandung yang begitu khas dengan makanan Sunda adalah Punclut. Sambil menikmati hidangan yang tersaji di meja, travelers bisa mengagumi city view yang terhampar luas di bawah. Karena letaknya memang di atas ketinggian, sangat mudah bagi kamu untuk menyaksikan kerlap-kerlip lampu kota Bandung di malam hari. Disinilah tempat paling sempurna dan sering dikunjungi oleh anak muda dan keluarga Bandung untuk bersantai saat weekend sambil memanjakan lidah.

Kawasan-kawasan kuliner Bandung di Punclut ini kebanyakan menawarkan makanan tradisional dengan konsep lesehan sehingga kesannya begitu santai dan akrab. Lalu apa saja menunya? Kamu bisa pilih tutut (sejenis siput) yang rasanya lezat, tempe/tahu goreng, nasi merah, ayam bakar, ayam goreng, lalapan, ikan asin, dan rasanya makin mantap kalau dihidangkan bareng sambal terasi. Datanglah lebih awal kalau tidak mau antri lama hanya untuk menikmati menu favoritmu di Punclut.
Alamat Punclut : Jalan Ciumbuleuit Punclut, Bandung dan sebagian buka 24 jam.

3.    Rumah Sosis

Tempat wisata kuliner Bandung yang juga bisa dipilih travelers untuk menghabiskan wakti saat liburan adalah Rumah Sosis. Rumah Sosis ini mengusung konsep ‘Eat, Swim, Play’ sehingga cocok banget dipilih kalau travelers datang bersama anak-anak karena di sini dipersiapkan kolam renang, perahu sosis, lorong sesat, dan mini golf yang cukup atraktif.

Selain bisa terhibur, anak-anak pun bisa bebas bermain air setelah menyantap makanan. Menu sosis yang ditawarkan cukup bervariasi, seperti sosis ikan, ayam, dan sapi dengan ukuran mini hingga jumbo. Biarpun namanya Rumah Sosis, tapi travelers juga dapat memesan menu lain seperti chicken katsu, nasi liwet, dan nasi goreng.
Alamat Rumah Sosis Jalan. Setiabudi No. 293 – 295, Ledeng Cidadap, Jawa Barat dengan jam buka 09.00 – 17.00.

4.    Sapu Lidi

Sapu Lidi Bandung

foto: myadorablelife.blogspot.com

Tempat wisata kuliner Bandung yang cukup populer dengan konsep tradisional adalah Sapu Lidi. Slogan yang diusung juga cukup unik, yaitu ‘Makan di Sawah’. Travelers, kamu akan segera tahu dan paham maksud slogan tersebut saat tiba resto ini karena memang atmosfir yang ditawarkan adalah restoran ala pedesaan yang begitu menenangkan sehingga akan mengingatkan penikmat kuliner akan kampung halaman.

Di sini kamu bisa menikmati menu yang ada di saung-saung sambil duduk-duduk lesehan. Atmosfirnya makin bersahabat karena para pegawainya memakai pakaian tradisional Sunda. Namun, menu yang disediakan cukup beragam lho travelers, seperti makanan Sunda, Indonesia, hingga makanan barat.
Alamat Sapu Lidi : Jalan Sersan Bajuri, Komp. Graha Puspa, Desa Cihideung, Lembang Bandung, dengan jam buka 10.00 – 23.00.

5.    Paskal Food Market

Paskal Food Market

foto: 2bagsandapack.com

Kawasan kuliner Bandung yang juga jadi rujukan utama travelers saat liburan ke Bandung adalah Paskal Food Market. Letaknya ada di pusat kota, dekat stasiun Bandung, dengan menu yang sangat bervariasi serta harga yang terjangkau menjadi keunggulan. Di tempat ini berdiri lebih dari 100 penjual makanan dan minuman yang akan memanjakan lidah.

Konsep yang diusung adalah outdoor dan terbuka sehingga suasana Bandung yang begitu metropulis cukup kental terasa. Menu yang bisa dipilih bisa makanan Asia, Jepang, Korea, Indonesia, Sunda, dan makanan Eropa. Kawasan-kawasan kuliner Bandung Paskal Food Market juga sering dijadikan tempat hangout saat weekend oleh kawula muda Bandung sehingga suasananya makin meriah.
Alamat Paskal Food Market Paskal Hyper Square, Jalan Pasir Kaliki No. 25-27, Bandung, dengan jam buka 11.00 – 23.30.

6.    Pino Pizza

Tempat wisata kuliner Bandung yang juga cukup populer tentu saja Pino Pizza. So, buat kamu yang pengin menikmati taste unik dan beda dari pizza bisa mengunjungi tempat ini. Biar judulnya Pino Pizza, tetapi penikmat kuliner juga bisa menyantap pasta, seperti pasta aglio olio, pasta carbonara, oreo late, dan salad yang rasanya menggugah selera.

Topping dari menu pizza yang ditawarkan cukup beragam. Untuk harga kamu juga nggak perlu khawatir karena cukup ramah di kantong kok. Kamu bisa ‘menyerbu’ Pino Pizza bareng sobat-sobatmu saat liburan ke Bandung. Kalau kamu tertarik menikmati pizza yang rasanya beda, cobalah pizza manis dengan topping pisang dan apel. Unik banget rasanya lho.
Alamat Pino Pizza : Jalan Buah Batu, No. 140, Jawa Barat, dengan jam buka pukul 12.00 – 21.00.

7.    Nasi Kalong

Nasi Kalong Bandung

foto: bpras.com

Nasi Kalong menjadi tempat wisata kuliner Bandung yang pas banget dikunjungi saat malam hari. Maklum saja travelers, tempat ini bukanya malam hari mulai jam 19.00 sampai dini hari. Jadi kalau kemalaman sampai Bandung, kamu nggak perlu khawatir kelaparan karena Nasi Kalong bisa dituju untuk mengisi perut yang keroncongan.

Menu spesial yang banyak disukai tentu saja nasi kalong, yaitu nasi berwarna hitam ditemani lauk pauk yang jumlahnya 20-an macam, seperti ayam goreng madu dan tahu goreng. Biarpun bukanya malam hari, bukan berarti sepi peminat. Kamu akan terkejut dengan antrian mengular untuk bisa mendapatkan giliran mengambil makanan.
Alamat Nasi Kalong : RE Martadinata (Riau) no. 57, Bandung.

8.    Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy

foto: www.remaja.suaramerdeka.com

Kawasan kuliner Bandung tidak hanya melulu makanan Sunda lho travelers karena Bandung juga punya Yoghurt Cisangkuy yang cocok dijadikan spot untuk menghabiskan waktu sambil menikmati segarnya berbagai varian rasa yoghurt. Kamu bisa pilih rasa anggur, cokelat, lecci, moka, stroberi, dan original.

Sambil mencicipi segarnya yoghurt pilihan, kamu juga bisa sekalian menyantap menu lain seperti sosis goreng, sate, batagor, dan siomay. Tempat ini juga pas banget untuk hangout sambil menikmati menu sehat produk susu fermentasi bareng teman-temanmu saat di Bandung.
Alamat Yoghurt Cisangkuy Jalan Cisangkuy No.85, Jawa Barat, dengan jam buka 09.00 – 17.00.

Travelers, sekarang sudah tambah lagi kan info kawasan-kawasan kuliner Bandung? Kalau ada rencana liburan ke Kota Kembang, yuk buka dulu situs Pegipegi.com untuk dapatkan penginapan di Bandung. Happy holiday, travelers

(Visited 1,572 times, 1 visits today)

Comments

To Top