Rekomendasi

Rekomendasi tempat belanja murah di Bandung

tempat belanja di bandung

Sudah jadi rahasia umum, Bandung punya reputasi sebagai surga belanja. Tak heran, label Paris van Java pun disematkan di ibu kota Jawa Barat ini. Mengingat lokasinya yang tak begitu jauh dari Jakarta, Bandung kerap jadi tujuan wisatawan warga ibu kota. Setiap akhir pekan, jalan-jalan di Kota Kembang selalu dipadati kendaraan ber-plat B, terutama di pusat belanja.

Yup, Bandung memang terkenal dengan wisata belanja dengan harga terjangkau. Meski begitu, barang yang ditawarkan memiliki kualitas bagus, tak kalah dengan produk bermerk yang sudah lebih dulu terkenal. Tak cuma murah dan berkualitas, produk yang kebanyakan dijual di Factory Outlet ini juga merupakan hasil karya anak muda Bandung yang kesohor dengan kreativistasnya.

belanja bandung

Bagi traveler yang ingin menjelajah Kota Kembang untuk berbelanja, simak tempat-tempat yang diulas pegipegi berikut ini.

  1. Kawasan Cihampelas

Kalau kamu pecinta jeans dan aneka barang berbahan kulit, maka kawasan Jalan Cihampelas tempat yang pas untuk wisata belanja. Sejak dulu, jalan yang kini hanya satu arah ini memang sudah terkenal sebagai sentra penjualan produk jeans dan kulit. Harga yang dipatok pedagang di sini cukup terjangkau, apalagi jika kamu pintar menawar bisa mendapat barang berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Traveler juga bakal mendapat pengalaman berbeda saat belanja di Cihampelas, karena toko-toko yang berjejer di sini memiliki dekorasi cukup unik dan kebanyakan mengambil tema superhero seperti Superman dan Spiderman. Oya, ada juga satu toko yang mencolok karena menjual aksekoris khas Indian berbahas dari kulit. Jalan ini tak pernah sepi peminat, terutama saat akhir pekan di mana para pelancong, khususnya dari ibu kota, tumpah di sini. Kamu pun harus sabar menghadapi kemacetan jika melewati jalan ini.

Setelah puas berburu barang murah meriah di pinggiran jalan, tak ada salahnya mampir ke sebuah mall yang menjadi tujuan favorit muda-mudi Bandung, Cihampelas Walk. Meski masuk kategori mall, Ciwalk berbeda dengan pusat belanja kebanyakan. Suasana asri dan sejuk bisa kamu dapatkan di sini karena sebagian wilayah mall berkonsep outdoor.

  1. Jalan Dago dan Riau

Selain terkenal dengan wisata kulinernya, Jalan Dago juga menjadi tujuan pelancong untuk berburu pakaian. Di sepanjang jalannya berdiri aneka distro dan berbagai toko penjual oleh-oleh khas Bandung. Jejeran distro di sini sudah terkenal di kalangan traveler, bahkan ada juga brand ternama yang membuka butik di kawasan ini. Seperti layaknya pusat belanja di tempat lain, Jalan Dago pun tak pernah sepi pengunjung.

Lokasinya berdekatan dengan Jalan Dago, Jalan Riau juga dipadati deretan distro dan factory outlet yang menawarkan berbagai produk dalam negeri berkualitas. Barang yang dijual di FO di kedua jalan ini memang sudah harga pas alias tidak bisa ditawar, tapi jika dibandingkan dengan harga di mall tentu masih lebih terjangkau. Apalagi jika kamu datang di musim sale, bisa mendapat barang incaran dengan harga miring.

  1. Pasar Cibaduyut

Sudah sejak puluhan tahun, Pasar Cibaduyut terkenal sebagai pusatnya barang kerajinan dalam negeri, khusunya Bandung. Mulai dari dompet, tas hingga sepatu handmade bisa kamu temukan di sini dengan harga miring.

Barang yang dijual di sini kebanyakan dikerjakan di rumah-rumah yang lokasinya tak jauh dari pertokoan. Meski cuma industri rumahan, kualitasnya terjamin. Kamu bisa bandingkan dengan produk sejenis yang dijual di pertokoan dengan harga lebih mahal. Jadi, nggak cuma memuaskan hasrat belanja murah, kamu juga ikut membantu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat dengan membeli barang di sini.

Untuk mendatangi Pasar Cibaduyut tidaklah sulit, karena petunjuk jalan menuju ke sana sangat jelas. Bermula dengan menyusuru Jalan Soekarno-Hatta dari Cibiru, kamu akan melewati Terminal Leuwi Panjang. Setelahnya, ada sebuah perempatan dengan patung sepatu besar di tengahnya. Nah, patung sepatu inilah yang menjadi ikon sekaligus penanda bahwa kamu sudah memasuki kawasan Pasar Cibaduyut.

Oya, bagi traveler yang ingin memborong belanjaan dalam jumlah besar, ada baiknya datang di hari biasa karena sejumlah pedagang biasanya menerapkan harga berbeda saat liburan.

 

  1. Pasar Induk Gedebage

Kalau sebelumnya membahas lokasi belanja dengan tempat yang relatif nyaman, kali ini saatnya traveler mencoba wisata ke pasar induk! Jangan heran dulu, Pasar Induk Gedebage nggak hanya menjual kebutuhan pokok sehari-hari seperti pasar pada umumnya, karena kamu bisa berburu barang lainnya dengan harga sangat murah. Pasar Induk Gedebage memang terkenal pusatnya penjualan pakaian bekas, kalau di Jakarta ini mengingatkan traveler pada Pasar Senen. Nggak hanya baju, Pasar Induk Gedebage juga menjual jeans, sepatu, tas, jaket dan aneka aksesoris lainnya.

Suasana pasar memang tidak begitu nyaman seperti di mall yang menggunakan penyejuk ruangan. Jalanan becek, panas, dan pengap bakal kamu rasakan di sini, tapi itu semua bisa terbayar karena kapan lagi pelancong bisa membeli baju mulai dari harga Rp 5.000?

 

  1. Pasar Baru, ITC Kebon Kelapa dan Gang Tamim

Ketiga tempat belanja ini berada di satu kawasan, yaitu di Jalan Moh Toha. Untuk menghemat waktu, pelancong bisa puas wisata belanja ke Pasar Baru, ITC Kebon Kelapa dan Gang Tamim hanya dalam satu hari.

Seperti Tanah Abang di Jakarta, Pasar Baru ini pusatnya belanja kain dan pakaian mulai dari eceran hingga grosir. Tempatnya pun mirip, dengan menempati bangunan besar sehingga bisa menampung banyak wisatawan. Tapi saat hari libur, kawasan Pasar Baru memang selalu ramai, apalagi memasuki bulan Ramadhan.

Puas belanja di Pasar Baru, kamu masih bisa mampir ke ITC Kebon Kelapa. Di sini juga kesohor sebagai pusat penjualan pakaian murah. Tahu nggak sih, dua tempat ini menjadi favorit para pemilik toko di Jakarta memborong kain dan pakaian untuk dijual kembali di ibu kota!

Tak jauh dari Pasar Baru, ada sebuah gang yang populer sebagai lokasi belanja kain dalam bentuk meteran. Gang Tamim namanya, mulai dari bahan jeans, katun, chiffon hingga batik aneka motif dan warna bisa kamu temukan di sini. Dengan harga terjangkau, kamu bisa mendapatkan bahan kualitas atas.

Kawasan ini memiliki sejarah kenapa terkenal sebagai pusat penjualan berbagai jenis kain. Dulunya, tinggal juragan kain di lokasi tersebut bernama H Tamim. Jadilah namanya diabadikan sebagai nama gang hingga sekarang.

Gimana traveler, kamu jadi tak perlu jauh-jauh ke luar negeri kan untuk belanja barang

(Visited 8,463 times, 1 visits today)

Comments

To Top