Kuliner

Rekomendasi 7 Tempat Asyik Berburu Takjil di Jakarta!

Berburu takjil di bulan Ramadhan telah menjadi kebiasaan unik setiap tahunnya. Benar nggak, travelers? Nah, kalau kamu tinggal di Jakarta dan ingin mencari kudapan untuk berbuka puasa, kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat di ibukota yang menjual ragam menu takjil, mulai dari gorengan, es buah, hingga makanan berat, seperti sate dan bakso. Kira-kira di mana aja ya? Yuk simak rekomendasi dari Pegipegi berikut ini!

1. Pasar Benhil

Siapa sih yang nggak tahu Pasar Benhil? Tempat yang berada di wilayah Jakarta Pusat ini telah menjadi tempat yang paling sering dikunjungi orang-orang yang sedang berburu takjil, khususnya bagi mereka yang bekerja di daerah Sudirman-Thamrin. Saat bulan Ramadhan tiba, beragam menu takjil telah siap dijajakan menjelang waktu berbuka puasa. Mulai dari gorengan, kolak, es buah, pempek, batagor, jajanan tradisional, sate padang, dim sum, serabi, sampai gudeg pun bisa kamu temui di sana.

2. Masjid Sunda Kelapa

Di daerah Menteng, Jakarta Pusat, salah satu tempat yang sering dicari oleh pemburu takjil adalah Masjid Sunda Kelapa. Saat bulan puasa, cukup banyak yang berjualan menu berbuka puasa di area sekitar masjid. Beberapa hidangan yang tersedia di antaranya, es buah, kue-kue tradisional, kolak, puding, sate ayam, sate padang, hingga ketoprak. Nah, setelah berbuka puasa, kamu bisa langsung melaksanakan shalat maghrib hingga tarawih deh.

Foto: Pixabay

3. Jalan Panjang

Kalau kamu bekerja atau tinggal di daerah Jakarta Barat, kamu bisa mampir sejenak ke Jalan Panjang, Kebon Jeruk. Di sana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan beragam menu berbuka puasa yang menggiurkan, seperti kolak biji salak, bubur sumsum, es pisang ijo, berbagai macam kue dan jajan pasar, sop buah, dan lain-lain. Untuk harganya, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 5.000 sampai Rp 25.000 rupiah saja kok, travelers!

4. Masjid Cut Meutia

Salah satu masjid yang juga menjadi pusat berburu takjil adalah Masjid Cut Meutia. Sejak sore hari, masjid yang berlokasi di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat ini sudah dipadati oleh penjual takjil yang cukup beragam, seperti bakso, sate padang, gorengan, lontong, sosis bakar, aneka es, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, tak jarang pula masjid ini menggelar acara seru selama bulan Ramadhan dan berbagi takjil gratis.

5. Kramat Raya

Masih di wilayah Jakarta Pusat, tempat lain yang menjadi sasaran untuk mencari kudapan berbuka puasa adalah Kramat Raya. Tempat yang berlokasi di daerah Senen, khususnya di dekat gedung bioskop Senen ini pun menawarkan ragam hidangan lezat yang nggak boleh kamu lewatin. Berbeda dengan tempat berburu takjil lainnya, di Kramat Raya kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Minang seperti lemang tapai, bubur kampiun, hingga nasi kapau.

Foto: Wikipedia

6. Masjid Agung Al-Azhar

Nah, kalau di daerah Jakarta Selatan, kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Al-Azhar yang berlokasi di Kebayoran Baru. Biasanya, setiap bulan Ramadhan tiba, masjid ini selalu diramaikan oleh bazaar yang menjual ragam hidangan berbuka puasa. Sejak sore hari, kamu bisa membeli takjil berupa gorengan, kue-kue tradisional, es buah, hingga beberapa makanan berat seperti sate padang, roti bakar, bakso, sop kambing dan yang lainnya yang memang rutin berjualan setiap hari di area sekitar masjid.

7. Gandaria

Bagi kamu penggemar es kelapa muda, kamu bisa meluncur ke Jalan Gandaria saat menjelang berbuka puasa. Tempat ini memang terkenal dengan sejumlah penjual es kelapa muda yang bisa kamu temui mulai dari perempatan Rumah Sakit Gandaria hingga menuju Jalan Arteri Pondok Indah. Namun, saat bulan Ramadhan tiba, di kawasan ini juga banyak penjual takjil yang menggugah selera. Mulai dari sop buah, kolak, gorengan, kue panada, hingga kue lapis bisa kamu temukan di sana.

Gimana, sekarang udah tahu kan harus ke mana aja kalau pingin berburu takjil di Jakarta? Oh ya, supaya momen liburan kamu semakin menyenangkan, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Wikimedia

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top