Destinasi

Rekomendasi 7 Masjid Nyaman untuk I’tikaf di Jakarta

Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan, umat Muslim tentu akan memperbanyak ibadah, termasuk melakukan kegiatan i’tikaf di masjid. Pengertian i’tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk beribadah kepada Allah.

Rangkaian kegiatan i’tikaf biasanya dimulai dari shalat tarawih berjamaah, mendengarkan ceramah, kemudian bisa dilanjutkan dengan ibadah secara mandiri, seperti membaca Al-Qur’an, qiyamullail atau shalat malam, muhasabah (instrospeksi diri), hingga ditutup dengan sahur dan shalat subuh bersama jamaah lainnya.

Nah, buat kamu yang masih mencari masjid untuk beri’tikaf, Pegipegi punya rekomendasi tujuh masjid di Jakarta yang nggak cuma bersih dan nyaman untuk beribadah, tapi juga mudah untuk mencari santapan sahur. Yuk, simak selengkapnya!

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal berlokasi di daerah Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Masjid terbesar di Asia Tenggara ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin beri’tikaf. Karena bisa menampung banyak jamaah, kalau i’tikaf di sini kamu akan merasa lebih nyaman dan leluasa. Masjid Istiqlal juga menyediakan kudapan untuk berbuka puasa dan sahur secara gratis dalam jumlah yang terbatas. Jika tiba di masjid ini, kamu bisa langsung menuju tempat wudhu, tempat penitipan sepatu, dan lokasi makan yang terletak di lantai 1. Setelah itu, kamu bisa naik ke lantai 2 untuk shalat ataupun membaca Al-Qur’an.

2. Masjid Sunda Kelapa

Berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Masjid Sunda Kelapa memang tidak seluas Masjid Istiqlal, namun, kamu juga akan merasakan kenyamanan saat beri’tikaf di masjid ini. Udara yang sejuk, jumlah toilet yang banyak, serta tersedianya screen and sound yang menghubungkan dengan jamaah laki-laki menjadi nilai plus dari masjid ini. Jika ingin beri’tikaf di Masjid Sunda Kelapa, agenda dimulai dengan shalat tarawih dan ceramah, kemudian dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an, qiyamullail, muhasabah, dan ditutup dengan sahur bersama.

3. Masjid Baitul Ihsan

Masjid ini berlokasi di komplek Bank Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat. Kondisi masjid yang nyaman, bersih, dan sejuk akan membuat kamu lebih tenang dalam beri’tikaf di sana. Masjid Baitul Ihsan juga menyediakan kupon makanan bagi para jamaah yang dapat ditukarkan saat waktu sahur tiba. Kalau kamu beri’tikaf di sini, kegiatan pada malam hari akan dimulai dengan kajian, kemudian dilanjutkan dengan waktu bebas dan qiyamullail pada pukul 02.00 yang akan berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam.

4. Masjid Agung Al-Azhar

Seperti masjid lainnya, masjid Agung Al-Azhar juga kerap dipadati oleh jamaah yang beri’tikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan. Cukup hening dari suara jalanan ibukota, kalau melakukan i’tikaf di sini, kamu bisa merasakan suasana yang tenang dan nyaman, sehingga akan lebih khusyu’ dalam beribadah. I’tikaf di masjid yang berlokasi di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini diisi dengan tausiyah, kajian, dan tanya jawab dengan para ustadz dan sederet tokoh masyarakat.

5. Masjid At-Tin

Masjid At-Tin berlokasi di dalam area Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Masjid ini menjadi salah satu masjid yang direkomendasikan untuk beri’tikaf. Nggak heran kalau Masjid At-Tin selalu ramai saat bulan Ramadhan. Tapi, meskipun ramai, masjid ini tergolong luas dan rapi, karena memiliki area tidur dan area shalat yang terpisah, sehingga kamu bisa beribadah ataupun beristirahat dengan lebih nyaman. Kalau sudah mendekati waktu sahur, kamu bisa berjalan sekitar 100 meter ke luar masjid, dan kamu akan menemukan spot jajanan yang cukup banyak di sana.

6. Masjid Al-Hikmah

Memiliki lokasi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Masjid Al-Hikmah sudah terkenal dengan para ustadz dan imam shalat dengan lafal doa yang mantap dan menyentuh. Kamu akan dibimbing untuk membaca Al-Qur’an sebanyak 3 juz setiap harinya. Biasanya, masjid ini telah membuka pendaftaran untuk kamu yang ingin beri’tikaf di sana. Hanya dengan membayar infaq dengan biaya terjangkau, jamaah bisa mendapatkan fasilitas berupa ta’jil, konsumsi untuk berbuka puasa dan sahur, area penitipan barang khusus, dan gratis DVD kajian i’tikaf bagi mereka yang datang beri’tikaf selama 10 hari penuh.

7. Masjid Pondok Indah

Nggak jauh berbeda dengan masjid besar lainnya di Jakarta, Masjid Pondok Indah juga selalu dipadati jamaah yang beri’tikaf. Di masjid ini, area istirahat dan area beribadah digabung menjadi satu, namun, hal ini tak lantas membuat kamu jadi nggak nyaman loh, travelers. Dengan area masjid yang cukup luas dan nyaman, kamu bisa beri’tikaf dengan tenang di sana. Setelah itu, kalau kamu mencari kudapan untuk sahur, di area depan masjid ini banyak penjual makanan yang menggugah selera.

Jadi, udah tahu kan mau i’tikaf di masjid mana di Jakarta? Oh ya, supaya momen liburan kamu semakin seru, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto utama: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top