Destinasi

Rekomendasi 4 Lokasi Rafting di Jawa Barat

Foto dari raftingcitatih.com

Buat kamu penyuka olahraga air, apalagi yang menantang adrenalin, maka rafting bisa jadi pilihan tepat, nih. Nggak perlu keahlian khusus, rafting bisa dilakukan siapa saja asalkan mengikuti peraturan yang berlaku serta memakai alat pengaman yang diwajibkan. Asyiknya lagi, rafting juga makin seru jika diikuti oleh banyak orang sekaligus. Nggak heran, rafting jadi aktivitas favorit ketika ada piknik keluarga besar, liburan dengan teman segeng, atau outing bareng rekan kerja.

Untuk tujuan wisata rafting, Jawa Barat punya banyak pilihan lokasi asyik, nih. Supaya nggak repot, sebaiknya pesan sejak awal paket wisata rafting lewat  agen tur perjalanan. Biasanya, sih, paket sudah termasuk perlengkapan rafting, asuransi dan sertifikat, snack dan makan siang, transportasi menuju lokasi rafting. Selain itu, biasanya peserta tur rafting juga diperkenankan untuk memakai ruang ganti pakaian, serta dari segi keamanan dibantu tim yang berpengalaman. So, makin nggak sabar mencoba rafting? Simak empat lokasi rafting yang pegipegi sudah kumpulkan berikut ini!

1. Sungai Citatih

Lokasi rafting di Sungai Citatih ini tepatnya ada di Pelabuhan Ratu, Kecamatan Warung Kiara, Sukabumi. Paket rafting di Sungai Citatih harganya dimulai dari Rp 270 ribu* – Rp 400 ribu* per orang. Dengan harga segini, kamu bisa menjajal sampai 25 macam jeram di Sungai Citatih mulai dari Jeram Warok, Jeram Naga, Jeram Gigi, Jeram Patah, dan Jeram Penyesalan.

Jeram yang ada di Sungai Citatih ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mulai dari tingkat dua hingga lima. Sedangkan jarak tempuhnya terdiri dari empat jenis. Untuk yang 4 km diperuntukan untuk keluarga beserta anak kecil, dengan waktu tempuhnya sekitar satu jam. Ada juga jarak 9 km untuk para pemula, selama dua jam. Sementara jeram sepanjang 12 km khusus untuk yang sudah berpengalaman, dengan waktu tempuh selama tiga jam. Nah, yang terakhir, berjarak 22 km yang waktu tempuhnya mencapai lima jam. Wow!

2. Sungai Citarik

Salah satu lokasi rafting terfavorit ada di Sungai Citarik, di Taman Nasional Gunung Halimun, Kecamatan Cikidang, Sukabumi. Seiring meningkatnya popularitas rafting di Sungai Citarik, saat ini sudah banyak penyedia layanan rafting di sungai ini. Tinggal pilih jarak sesuai kemampuan kamu, nih. Untuk pemula harganya sebesar Rp 215 ribu* per orang untuk rafting sejauh lima kilometer. Sedangkan tingkat professional seharga Rp 375 ribu* untuk rafting sepanjang 12 km.

3. Sungai Cikandang

Khusus buat kamu yang sudah terbiasa rafting, bisa menjajal kemampuan di Sungai Cikandang, nih. Tepatnya berada di wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Garut, arus air di sungai ini sangat deras dan tinggi gelombang airnya sekitar 1-3 m. Dengan panjang 28 km dan waktu tempuh sekitar 4-5 jam, sungai Cikandang sering digunakan ahli arung jeram untuk latihan fisik dan mental. Asyiknya rafting di sini, airnya masih sangat jernih dan berhulu ke kaki Gunung Papandayan. Jangan lupa siapkan kocek lumayan, ya, karena harga paketnya mulai dari Rp 480 ribu* per orang.

4. Sungai Cimanuk

Masih di Garut, kamu juga bisa menjajal asyiknya rafting di Sungai Cimanuk, Kecamatan Bayongbong. Tenang, sungai ini pas untuk pemula karena arusnya yang nggak terlalu ‘liar’. Asyiknya lagi, sambil rafting kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kebun dan sawah di sepanjang sungai. Tinggal pilih satu dari empat trek yang disediakan, serta tiga tingkat kesulitan berbeda. Untuk harganya, mulai dari Rp 350 ribuan* per orang, ya!

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Soal akomodasi, cari penginapan murah di Garut dan Sukabumi melalui Pegipegi aja yah! Pesan juga tiket kereta api murah ke Jawa Barat lewat pegipegi.

cari penginapan murah di garut cari penginapan murah di Sukabumi pesan tiket kereta api murah

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Download aplikasi pegipegi di Google Play atau App Store agar transaksi lebih cepat dan lebih mudah! Miliki potongan harga tiket kereta api, tiket pesawat dan kamar hotel saat ini juga. Semoga selamat sampai tujuan, travelers!

apps-store

google-play

(Visited 231 times, 1 visits today)

Comments

To Top