Destinasi

Ranu Kumbolo, Danau Cantik dan Penuh Misteri di Gunung Semeru

Danau merupakan tempat wisata alam yang menenangkan. Tidak heran jika banyak yang melarikan diri sejenak dengan berwisata ke danau. Jika kamu menginginkan ketenangan sekaligus memicu adrenalin, Danau Ranu Kumbolo bisa dijadikan pilihan yang tepat. Soalnya, wisata alam yang berlokasi di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur ini juga berada di jalur pendakian Gunung Semeru. Jalur yang harus kamu lewati, yaitu Ranu Kumbolo, Kalimati, lalu Puncak Mahameru.

Tempat istirahat bagi pendaki Puncak Mahameru

foto oleh: @inggrianiinggit

Tidak heran jika para pendaki Puncak Mahameru suka sekali transit di Danau Ranu Kumbolo. Banyak juga yang mendirikan tenda di sana. Karena, danau air tawar seluas 15 hektar dan tinggi 3.676 di atas permukaan laut ini memiliki keindahan yang memesona mata. Saking bersihnya Danau Ranu Kumbolo, danau ini tergolong masih perawan. Hal ini bisa kamu rasakan juga lewat udara segar di sekitarnya yang bikin pikiran rileks.

foto oleh: @inggrianiinggit

foto oleh: @inggrianiinggit

Saat matahari mulai terbit di antara dua bukit hijau dengan muncul perlahan, penampilan Danau Ranu Kumbolo pun makin cantik dan membuat kita sulit mengalihkan pandangan mata. Jadi, sayang banget kalau kamu nggak bangun pagi, travelers!

Suasana Danau Ramu Kumbolo ketika sore hari juga nggak kalah indah. Terutama saat kabut mulai turun. Dan ketika malam hari, banyak gugusan bintang kamu bisa nikmati sinarnya.

Menyimpan kisah misteri

Di balik keindahannya, kabarnya Danau Ranu Kumbolo juga menyimpan kisah misteri. Menurut cerita dari sebagian warga, di danau tersebut ada sosok perempuan yang merupakan penunggu Danau Ranu Kumbolo. Sesekali, ia muncul ketika bulan purnama. Dan masih banyak kisah misteri lainnya, seperti keberadaan patung arcopodo yang misterius dan banyaknya para pendaki yang tersesat.

Ngomong-ngomong soal tersesat, dulu ada sepasang pengantin baru yang berkunjung ke Danau Ranu Kumblo dengan membawa sesajen dan berbagai macam makanan untuk diberikan kepada penunggu Ranu Kumbolo. Setelah membakar dupa di pelataran, pengantin baru tersebut mandi di Danau Ranu Kumbolo. Kemudian, pengantin perempuan terseret arus kuat dan beberapa saat kemudian, muncul kembali namun keadaannya sudah tidak bernyawa.

Untuk berkunjung ke Ranu Kumbolo, kamu bisa transit dulu di Kota Malang. Yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Malang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke malang  pesan tiket kereta api murah ke malang  cari hotel murah di malang

Foto utama: @inggrianiinggit

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

(Visited 1,729 times, 6 visits today)

Comments

To Top