Destinasi

Jelajah alam Pegunungan Karst raksasa Rammang Rammang Makassar

rammang-rammang-makassar

Buat yang hobi adventure, Rammang Rammang Makassar pasti segera atau bahkan sudah masuk dalam list tempat berpetualang yang akan dijelajahi. Objek wisata berupa gugusan karst atau pegunungan kapur ini benar-benar terlihat gagah dan menantang travelers untuk mendaki ke punggung bukitnya. Nggak heran kalau Rammang Rammang menjadi target para petualang sejati. Sebelum melakukan perjalanan ke sana, Pegipegi punya infomasi lengkap buat bekal travelers saat menjelajah Rammang Rammang.

 

rammang-rammang-makassar

foto : bintang.com

Lokasi Rammang Rammang Makassar

Rammang Rammang Makassar terletak di Dusun Rammang Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Propinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya hanya sekitar 40 km di sebelah utara Kota Makassar. Kamu bisa mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi, baik motor atau mobil selama 1,5 – 2 jam perjalanan.

Kalau mau naik angkutan umum, rutenya adalah pusat kota Makassar – naik pete-pete atau taksi ke Mandai (bilangnya turun di depan Bandara Sultan Hasanudin ya) – disambung naik pete-pete lagi ke Pangkep – turun di pertigaan pabrik semen Bosowa (1 – 1,5 jam) – jalan kaki menuju pabrik semen sejauh 500 meter atau naik ojek/pete-pete lagi. Setelah itu, disebelah kiri jalan kamu bisa lihat gapura dengan tulisan “Selamat Datang di Karst Maros”.

Perjalanan menuju Rammang Rammang masih belum selesai lho travelers karena kamu masih harus naik perahu milik warga setempat untuk menyusuri sungai dengan tarif Rp100.000* – Rp120.000* pp. Hingga akhirnya kamu sampai di dermaga terakhir. Sampai deh, dan sekarang waktunya mengeksplorasi Rammang Rammang, si pegunungan karst raksasa di Makassar.

 

Pegunungan Karst Rammang Rammang yang perkasa

Rammang Rammang sendiri berasal dari Bahasa Makassar yang artinya kabut atau awan. So kalau dibahasakan berarti kumpulan kabut atau awan karena memang kawasan tersebut selalu diselimuti kabut saat hujan atau di pagi hari. Eksistensi pegunungan karst di Makassar ini juga mencatatkan rekor mengagumkan karena menjadi satu-satunya di Indonesia. Sedangkan di dunia, Rammang Rammang menempati posisi ketiga sebagai Taman Hutan Batu Kapur, setelah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar dan Taman Hutan Batu Shilin di Cina. Keren banget ‘kan?

Sensasi yang langsung menjalar ketika bisa berdiri tegak di atas pegunungan karst Rammang Rammang tentu saja perasaan puas, tapi juga sekaligus merasa begitu kecil di antara jejeran objek berukuran raksasa. Bagaimana tidak? Dengan luas hampir 43 hektar, view yang ditampilkan di sana benar-benar mengagumkan. Kamu mungkin akan tercenung dan berpikir, betapa moleknya Rammang Rammang ini.

Oh ya, kalau kamu hobi fotografi dengan objek tentang alam, disinilah tempat paling sempurna dan beda dari yang lain. View perbukitan karst yang berderet-deret, udara yang masih segar, hamparan sawah menghijau di bagian bawah yang menyejukan mata, dan batu-batu dengan berbagai ukuran yang didominasi warna hitam terlihat berserakan sehingga nampak begitu kontras.

Kalau dari kejauhan, pahatan alam yang begitu tinggi hingga puluhan meter sangat jelas terlihat. Tidak cukup sampai di situ, decak kagum masih terus bersambung saat kamu mengeksplorasi kawasan pegunungan karst. Di sana ada gua-gua tersembunyi yang masih alami. Stalagtit dan stalagmit yang masih nampak terbentuk utuh ini menjadi pemandangan menakjubkan.

Gua yang terbenam di perut bumi ini jumlahnya ratusan lho, yakni sekitar 400-an, dimana 89 diantaranya merupakan gua pra-sejarah yang ribuan tahun lalu menjadi tempat tinggal manusia purba. Berbagai fosil yang menjadi bukti bahwa gua-gua di pegunungan karst Rammang Rammang ini pun menjadi peninggalan bersejarah keberadaan manusia purba di Sulawesi Selatan.

Travelers, yang bikin mata tambah adem saat kamu berpetualang ke Rammang Rammang tentu saja panorama hijau yang ditemani oleh aliran sungai yang begitu jernih. Perkampungan warga dengan rumah-rumah panggung pun harus masuk dalam daftar bidikan kamera. Kecantikan landscape yang mengitari Rammang Rammang memang tidak ada duanya. Karena berkelas dunia, tempat ini pun menjadi daftar tempat wisata incaran travelers lokal dan mancanegara.

Kalau petualanganmu di Rammang Rammang sudah kelar, jangan pulang dulu ya. Kamu masih bisa mengeksplorasi tempat wisata alam di sekitar tempat itu, seperti Kampung Berua, Wisata Sungai Pute, Gua Pasaung, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu’ Barakka, Telaga Bidadari, serta Taman Hutan Batu Kapur. So, kamu bisa dapat banyak paket menantang kapanmu datang ke Rammang Rammang Makassar.

Tertarik untuk adventure ke Rammang Rammang Makassar? Yuk pesen tiket dan booking hotel di Makassar lewat Pegipegi.com.

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

(Visited 3,592 times, 2 visits today)

Comments

To Top