Destinasi

Menaklukkan arus deras dengan Rafting Sungai Citarik

rafting-sungai-citarik

Ingin memacu adrenalin setelah penat dengan rutinitas sehari-hari? Rafting Sungai Citarik untuk menaklukkan derasnya arus liar tampaknya bisa menjadi jawaban.

Liburan singkat di akhir pekan dipercaya bisa memompa kembali semangat beraktivitas. Bagi warga Jakarta, kegiatan ini sudah tidak aneh lagi. Aneka wisata yang letaknya tak begitu jauh dari ibu kota sudah pasti menjadi incaran.

rafting-sungai-citarik

foto : outboundindonesia.com

Selain plesiran ke Bogor dan Bandung, mengarugi derasnya arus liar biasa menjadi pilihan, salah satunya adalah rafting Sungai Citarik. Olahraga rafting atau yang juga dikenal dengan sebutan arung jeram dalam beberapa tahun terakhir masuk daftar kegiatan favorit untuk membuang penat.

Tak hanya itu, rafting Sungai Citarik juga biasanya menjadi agenda perusahaan untuk meningkatkan kekompakan tim sehingga diharapkan bisa berdampak positif pada performa karyawan.

 

Lokasi Rafting Sungai Citarik

Rafting Sungai Citarik sudah cukup terkenal di kalangan pecinta wisata alam, khususnya warga ibu kota. Hampir setiap akhir pekannya, kegiatan ini selalu ramai dikunjungi.

Sungai Citarik sendiri berada di kecamatan Cikidang, Sukabumi atau kurang lebih 75 km dari kota Bogor. Jika traveler berangkat dari Jakarta, butuh waktu sekitar tiga sampai empat jam untuk tiba di lokasi.

Karena sudah populer, akses menuju rafting Sungai Citarik tidak sulit. Jalan raya yang dilalui terbilang mulus dan besar, meski alurnya berkelok-kelok dan melewati lembah serta perkebunan kelapa sawit.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan bisa mengambil jalur Bogor kemudian diteruskan ke arah Cicurug, Parungkuda dan Cikidang. Sesampainya di pertigaan jalur alternatif Pelabuhan Ratu, tepatnya di depan Polsek Laka Lantas Cikidang, pengunjung bisa mengambil arah kiri. Dari sini, traveler akan menemukan penunjuk arah serta baliho-baliho untuk rating Sungai Citarik.

Tapi bagi kamu yang ingin menjajal rafting Sungai Citarik dengan menggunakan transportasi umum juga tidak sulit menemukan lokasi rafting Sungai Citarik. Dari Bogor atau Jakarta, traveler bisa menaiki bus jurusan Sukabumi lalu turun di pertigaan jalur alternatif Pelabuhan Ratu, di depan polsek Laka Lantas Cikidang. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot ke arah Cikidang dan turun di terminal Cikidang untuk kemudian dilanjut dengan ojek hingga ke Sungai Citarik.

 

Melatih kekompakan dengan rafting Sungai Citarik

Setibanya di lokasi rafting Sungai Citarik, kamu akan disambut guide yang akan memandu petualangan sepanjang mengarungi derasnya arus liar.

Setelah menyimpan barang berharga di loker yang telah disediakan, traveler akan ‘dipersenjatai’ perlengkapan arung jeram, mulai dari helm, rompi pelampung hingga dayung. Dari sini, traveler akan diangkut menggunakan mobil pick up untuk sampai di titik start rafting Sungai Citarik.

Perjalanan selama sekitar empat kilometer dengan jalur berkelok dan pepohonan rindang di sekitarnya seolah menjadi awal tantangan sebelum benar-benar menguji keberanian saat rafting Sungai Citarik.

Gemericik suara aliran sungai mulai terdengar ketika tiba di lokasi rafting Sungai Citarik. Usai mendapat pengarahan singkat mengenai “aturan main” dari pemandu, barulah traveler bisa memulai olahraga menegangkan ini.

Begitu mendaratkan perahu, berarti traveler sudah siap melakukan rafting Sungai Citarik. Kamu akan melintasi arus sungai mulai dari yang tenang, sedang hingga yang paling dahsyat.

Aneka bebatuan dari ukuran yang paling kecil hingga besar pun siap menghadang, tak jarang perahu karet yang dinaiki tersendat tapi di sinilah kekompakan tim diuji. Dengan kerja sama apik setiap anggota di dalam perahu sukses melewati setiap hadangan dalam kegiatan rafting Sungai Citarik.

Setelah puas berbasah-basahan sambil berteriak menikmati serunya rafting Sungai Citarik, pengunjung menikmati hidangan khas Sunda yang termasuk dalam paket arung jeram. Suasana asri dengan sejuknya semilir angin dari pepohonan di sekitar menambah nafsu makan siang.

 

Harga paket rafting Sungai Citarik

Seiring meningkatnya popularitas rafting Sungai Citarik, saat ini sudah banyak penyedia layanan arung jeram di sungai ini. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 215.000 per orang untuk arung jeram sejauh lima kilometer hingga yang termahal Rp 375.000 untuk rafting sepanjang 12 km!

Harga tersebut tentunya sudah termasuk welcome drink, perlengkapan rafting, transportasi lokal untuk mengantar ke dan dari starting point, makan siang setelah arung jeram, dan asuransi.

Daripada menghabiskan waktu ke mall, sesekali mencoba liburan rafting Sungai Citarik bisa menghilangkan kepenatan loh. Berani coba?

(Visited 230 times, 1 visits today)

Comments

To Top