Kuliner

Putu Mayang, Camilan Unik Khas Betawi

Kadang, kita suka mengira kue putu mayang sama dengan kue putu. Padahal keduanya adalah jenis camilan yang berbeda. Kue putu biasanya lebih mudah ditemukan ketimbang putu mayang. Karena, kue putu mayang memang sudah agak langka keberadaannya. Namun, kadang kita masih bisa menemui kue ini di festival jajanan Indonesia.

Mulanya, kue ini memang hanya dikenal dengan sebutan kue putu yang terbuat dari bahan baku tepung beras dengan campuran santan dan gula merah. Kalau di kalangan warga Betawi, kue putu dibuat unik menyerupai gulungan mie bulat seperti kembang warna-warni. Kini, lebih dikenal dengan sebutan putu mayang. Putu mayang biasanya disantap dengan saus gula jawa.

Karena putu mayang sudah terbilang langka, kamu bisa mencoba membuat putu mayang sendiri di rumah dengan menggunakan resep berikut, travelers.

Ada yang nyebutnya Putu Mayang, tapi kalo di Jember dikenalnya Petulo. Murah meriaaaaah, enaaaakk dan anti gagal, mak. .. .. . Petulo/Putu Mayang by @fridajoincoffee Bahan: 200 gr tepung beras 50 gr sagu/tepung tapioka 300 ml santan kekentalan sedang ½ sdt garam Pewarna makanan Daun pisang Bahan Kinca: 250 gr gula merah 3 sdm gula pasir 500 ml santan kekentalan sedang ½ sdt garam 1 sdm maizena larutkan dengan sedikit air 2 helai daun pandan Cara Membuat: 1. Campurkan tepung beras dan garam, tuangkan santan, aduk rata hingga tepung beras larut. 2. Rebus tepung beras dengan api kecil, aduk terus dengan sendok kayu hingga mengental. Matikan api. 3. Masukkan sagu, aduk hingga rata dan kalis. 4. Bagi menjadi 3 bagian yg sama, beri pewarna masing2 merah rose dan hijau muda, satu bagian biarkan bewarna putih. 5. Masukkan piping bag/plastik segitiga. Lubangi kecil saja. Lalu pencet piping bag isi adonan, di atas potongan daun pisang yang sudah dioles minyak. Lakukan hingga adonan habis. 6. Panaskan kukusan, lalu kukus putu mayang selama 10 menit, dengan api sedang. Angkat dan sajikan dengan saus kinca. Cara Membuat Kinca: 1. Campurkan santan, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan yang sudah disimpulkan. 2. Rebus sambil diaduk2 hingga mendidih. 3. Lalu tuangkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk hingga kuah mengental. Catatan: 1. Merebus santan+tepung beras dengan api kecil saja, supaya tidak bergerindil. 2. Jika adonan terlalu alot dan sulit diberi pewarna, bisa diberi air hangat sedikit. Tapi jangan banyak2, supaya hasilnya tidak lembek. 3. Jika tidak ada cetakan putu mayang, bisa menggunakan piping bag/plastik tebal dilubangi ujungnya, kecil saja, supaya keritingnya bagus, kalo gede2 ntar kaya udon .. Wkwkwkw. 4. Memencet perlu tenaga jempol yang kuat 😂. Cara efektif, pencet bagian ujung piping bag, supaya plastik tidak lekas robek alias jebooooL. 5. Resep untuk 30 putu mayang, masing2 15 gr. 6. Saus Kinca jika ingin yg encer, tidak usah ditambah maizena yaa. 7. Kalo ingin putu mayang agak berkilau, setelah diangkat dari kukusan, bisa dioles sedikit minyak. Minyak sayur yaa, jangan oli .. Cliiiiing deh! 😉 .. .. . .

A post shared by MAK FRIDA (@fridajoincoffee) on

Di Indonesia banyak sekali kuliner lezat yang harus kamu coba. Yuk, keliling Indonesia dengan pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top