Destinasi

Wisata religi ke Pura Rambut Siwi Bali

rambut-siwi

Di Pulau Bali, Pura Rambut Siwi dianggap menjadi salah satu pura Hindu terbesar dan tidak pernah sepi pengunjung, baik umat Hindu yang ingin bersembahyang untuk memuja Dewa Penguasa Pertanian, ataupun travelers lokal dan mancanegara yang ingin mengintip pura-pura menawan di Pulau Dewata. Biarpun tidak seramai Tanah Lot, namun pura ini juga punya peranan penting untuk tujuan spiritual bagi masyarakat Bali. Kalau pengin tahu lebih banyak lagi tentang Pura Rambut Siwi, Pegipegi punya ulasannya buat kamu.

 

rambut-siwi

foto : kabardewata.com

Lokasi Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi terletak di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Bali. Diperlukan waktu mencapai 2 jam jika kamu memulai perjalanan dari Denpasar. Karena tempatnya cukup menonjol, travelers yang datang bisa dengan mudah menemukannya. So kamu nggak usah sampai bingung ya.

Kalau kamu dari arah Gilimanuk, ikuti saja rute jalan hingga sampai ke Kabupaten Jembrana. Pura Rambut Siwi ini letaknya ada di kiri jalan. Atau, kalau pengin praktis, kamu bisa ikut travel agent saja karena kamu dapat terima beres tanpa harus pusing-pusing memikirkan lokasi.

Pura Rambut Siwi bagi umat Hindu

Sebagai salah satu pura penting di Bali, Pura Rambut Siwi pun sering digunakan untuk acara keagamaan sesuai dengan kalender Hindu di Bali dan persembahyangan. Bagi umat Hindu sendiri, prosesi persembahyangan yang dianjurkan harus sesuai dengan urutan yang tepat, yaitu dimulai dari Pura Pesanggarahan (ada di pinggir jalan Denpasar-Gilimanuk) – Pura Taman (ada di sebelah timur jalan masuk ke Pura Rambut Siwi) – Pura Penataran (ada di sebelah timur Pura Rambut Siwi) – Pura Goa Tirta – Pura Melanting – Pura Gading Wani Pura Ratu Gede Dalem Ped – dan terakhir di Pura Luhur Rambut Siwi.

Oh ya, ada satu kebiasaan unik yang bakalan kamu temukan saat berkunjung ke Pura Rambut Siwi. Kamu nggak usah heran ya kalau melihat banyak kendaraan dari berbagai arah yang tiba-tiba berhenti sejenak dan mampir ke pura, tepatnya di Pura Pesanggrahan yang menjadi salah satu bagian dari Pura Rambut Siwi. Ternyata, pengendara memang sengaja berhenti untuk berdoa dulu agar perjalanan yang sedang dilakukan lancar dan bisa selamat sampai tujuan. Unik banget ‘kan?

Apa yang membuat Pura Rambut Siwi spesial?

Siapa sih yang nggak akan terpesona melihat sebuah pura yang begitu indah? Letaknya ada di pinggiran tebing dan tepi laut, serta berlatarkan Samudera Hindia yang begitu luas sebagai halaman depan. Nggak heran kalau pura ini jadi salah satu tempat wisata religi yang begitu populer di kalangan umat Hindu.

Kalau diperhatikan dengan seksama, pura utamanya nampak menyendiri dan letaknya pun ada di atas tebing. Kalau kamu mendaki hingga ke puncak, kamu bisa saksikan panorama yang begitu spektakuler. Dari ketinggian, kamu bisa lihat apa saja yang tersaji di bawah, seperti bangunan pura yang sudah tua, jalan utama, lautan yang biru, pepohonan yang mengitari Pura Rambut Siwi serta para pengunjung yang berlalu lalang di sekitarnya.

Tempat yang cukup lapang dan atmosfir cukup menyejukan karena semburan angin sepoi-sepoi dari arah laut membuat pengunjung yang datang ke Pura Rambut Siwi bisa mengeksplorasi kawasan pura. Kamu juga bisa memuaskan hasrat fotografi karena view spiritual yang terpadu dengan panorama alam terlihat sangat eksotis.

Sambil mendengarkan kehebohan deburan ombak, kamu bisa sekalian menuntaskan hobimu di sini. Oh ya, biarpun setiap saat kamu bisa mengunjungi Pura Rambut Siwi, namun waktu paling sempurna tentu saat senja karena kamu bisa sekalian mengabadikan momen sunset. Di saat seperti itu, pengunjung tidak terlalu banyak jadi suasananya cukup tenang.

Gimana travelers? Tertarik untuk berwisata religi ke Pura Rambut Siwi Bali? Kalau iya, pesen tiket dan booking hotel di Bali dulu ya lewat Pegipegi.com.

(Visited 533 times, 1 visits today)

Comments

To Top