Destinasi

Pura Agung Parahyangan, Tempat Wisata Kebanggaan Bogor

Berwisata religi dan budaya di pura, bukan hanya bisa dilakukan di Bali. Bogor pun punya pura agung yang wajib untuk dikunjungi, yaitu Pura Agung Parahyangan yang berlokasi di Gunung Salak, tepatnya di Desa Warung Loa, Ciapus. Pura ini memiliki nama lengkap Parahyangan Agung Jagatkartta yang atinya tempat indah dan istana mulia Tuhan Yang Maha Agung.

Jadi, bukan hanya mengunjungi pura, namun kamu juga bisa menikmati kesegaran udara Gunung Salak. Pura Agung Parahyangan memiliki banyak kesamaan dengan berbagai pura yang ada di Bali. Dengan berdiri di halamannya aja, kamu bakal sedang merasa seperti lagi di Bali. Namun dengan cuaca yang lebih sejuk.

Dari halaman depannya tersebut, kamu bisa melihat tiga pintu utama Pura Agung Parahyangan dengan ukiran dan patung yang menawan. Latar belakang Gunung Salak tentu aja menambah kecantikan pura ini. Pintu utamanya bernama Kori Agung yang berbentuk paduraksa dengan tangga tinggi untuk dinaiki. Di sekujur dinding daun pintu, bisa dilihat ukiran-ukiran batu khas Hindu, juga dua arca yang berada di kiri dan kanan.

Meski merupakan tempat ibadah ummat Hindu, Pura Agung Parahyangan juga sangat terbuka untuk pemeluk agama lain. Untuk masuk ke sana pun nggak dipungut biaya. Namun, saat berada di sana tentunya kamu harus menghormati tempat ibadah dengan tidak berisik atau mengganggu ketenangan orang lain yang tengah beribadah.

Biar liburanmu lebih maksimal di Bogor, yuk, cari hotel murah di Bogor lewat Pegipegi!

cari hotel murah di bogor

Foto: Shutterstock

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top