Destinasi

Pura Agung Jagat Karana: Pura Legendaris di Jawa Timur

Untuk kamu yang berada di Surabaya dan kangen dengan nuansa Bali, kamu bisa mampir ke Pura Agung Jagat Karana. Pura yang berlokasi di jalan Ikan Lumba-Lumba No. 1 ini memiliki bangunan yang megah juga upacara rutin yang akan membuat kamu merasa sedang di Bali.

Sudah ada sejak tahun 1968

Karena sudah ada sejak tahun 1968, tidak heran jika Pura Agung Jagat Karana termasuk pura yang legendaris di Jawa Timur. Pura Agung Jagat Karana memiliki luas 7.703 meter persegi dan terdiri dari beberapa bagian, yaitu Mandala Utama (Jeroan), Mandala Madya (Jaba Tengah), dan Mandala Nista (Jaba Luar) dengan sarana persembahyangan berupa tempat pemujaan dan sarana pendukung lainnya.

Di bagian depan pura ada ornamen patung artistik yang menggambarkan sosok perempuan yang cantik sekali, yaitu Dewi Saraswati. Ia berdiri di atas kelopak bunga teratai dengan sepasang angsa. Dewi Saraswati juga mengenakan mahkota berwarna emas dan memiliki empat tangan yang memegang tasbih, peralatan musik, dan gulungan kertas. Pada dinding gerbang pura terdapat ornamen lain berupa ukiran dengan motif Dewa, Dewi, Batara, dan lain-lain.

Nggak sembarangan bisa masuk

Sayangnya, nggak semua orang bisa masuk ke dalam Pura Agung Jagat Karana. Yang bisa masuk ke dalamnya hanya yang beragama Hindu. Namun, kamu tetap bisa berwisata di sekitar halaman pura dan menikmati nuansa Bali di sana. Soalnya, di luarnya kerap diadakan upacara atau ritual ummat Hindu, salah satunya Melasti, yaitu ritual penyucian diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi.

foto oleh: @chassanova88

Dan di waktu tertentu, kamu bisa melihat perempuan cantik menari tarian khas Bali di Pura Agung Jagat Karana.

Kalau liburan ke Surabaya, jangan lupa mampir ke Pura Agung Jagat Karana, ya! Agar bujet liburan kamu ke Surabaya nggak membengkak, yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan hotel murah di Surabaya lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke surabaya pesan tiket kereta api murah cari hotel murah di surabaya

Foto utama: http://surabaya.panduanwisata.id

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top