Destinasi

Puncak Suroloyo bagai negeri di atas awan

Buat kamu yang kangen dengan cantiknya matahari terbit, coba kunjungi Puncak Suroloyo yang ada di Kulon Progo, Yogyakarta. Berhubung lokasinya ada di puncak bukit, kamu bisa melihat semburat sinar matahari saat terbangun dari peraduannya. Mau mengabadikan lewat lensa kamera, bisa banget! Nah, buat kamu yang tertarik mengenal Puncak Suroloyo lebih jauh, Pegipegi punya info lengkapnya di sini. Yuk, simak sama-sama!

Legenda di balik bukit
Menurut kitab karangan Ngabehi Yasadipura, pujangga dari Keraton Surakarta, dahulu kala, Raden Mas Rangsang, putra mahkota kerajaan Mataram Islam mendapat wangsit untuk berjalan sejauh 40 km dari Kotagede. Jika hal ini dilakukan, dia bisa menjadi penguasa tanah Jawa. Tergiur akan hal tersebut, dia pun melakukannya sampai akhirnya kelelahan dan jatuh pingsan lalu mendapat wangsit kedua agar bertapa di Puncak Suroloyo, puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh. Sejak itulah muncul nama Puncak Suroloyo dan dia pun mendapat gelar Sultan Agung Hanyakrakusuma.

www.njogja.co.id

www.njogja.co.id

Siapkan stamina yang fit
Berhubung akses ke atas puncak melewati tangga, maka nggak ada kendaraan yang bisa mengantarmu ke Puncak Suroloyo. Motor dan mobil yang mengantar kamu pun diparkir di bawah bukit. Siapkan kondisi tubuh yang prima, pakai alas kaki yang nyaman, dan nggak perlu membawa tas terlalu berat karena kamu akan menaiki 286 anak tangga. Dengan kemiringan yang cukup curam, naik tangga pastinya akan terasa melelahkan.

www.visitingjogja.com

www.visitingjogja.com

Sambutan hangat di perjalanan
Jangan forsir tenaga, sah-sah saja, kok, kalau kamu sesekali beristirahat dan minum untuk menghilangkan dahaga. Sambil berhenti, lihat sekeliling dan nikmati pemandangan sambal mengabadikan lewat foto, asyik juga, tuh. Kamu pun akan disambut kupu-kupu, capung, dan burung-burung yang menjadi penghuni tetap Pegunungan Menoreh. Suntikan energi ini pun dijamin sukses membuat travelers semangat lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju Puncak Suroloyo.

soloraya.com

soloraya.com

Negeri di atas awan
Setelah perjuangan yang menguras tenaga, rasa pegal pun terbayar ketika sampai di Puncak Suroloyo. Dengan ketinggian mencapai 1.019 meter di atas permukaan laut, Puncak Suroloyo dikeliling empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Saat langit cerah, kamu bisa melihat sosok candi Borobudur dari kejauhan. Kamu pun bisa dengan mudah ‘menangkap’ awan-awan yang terbang rendah di sekitarmu. Nggak salah, kan, kalau tempat ini disebut bagai negeri di atas awan.

www.blog.reservasi.com

www.blog.reservasi.com

Eksplorasi sekitar lokasi

Menyambut matahari terbit memang sangat menyenangkan, dan tentunya akan jadi pengalaman yang berkesan. Nah, supaya momen ini lebih optimal, pastikan kamu datang sebelum matahari terbit, ya. Tanyakan pada penduduk lokal, kisaran jam berapakah biasanya matahari terbit di sana. Jangan lewatkan juga menengok tempat pertapaan Suroloyo berukuran sekitar 7m x 15m yang konon digunakan oleh Sultan Agung untuk bertapa. Ada juga tempat pertapaan lain nggak kalah menarik, yaitu Kaedran dan Sariloyo yang juga bisa kamu kunjungi di sana.

tourjogjamasjo.com

tourjogjamasjo.com

Terbukti, kan, Jogja nggak hanya punya Beringharjo dan Malioboro, lho. Masih banyak tempat menarik lainnya, seperti Puncak Suroloyo ini. Hmm, pastinya makin tertarik melihat matahari terbit dan mengksplorasi Puncak Suroloyo, kan? Buruan atur perjalanan kamu sekarang juga di pegipegi.com ya!

(Visited 1,838 times, 1 visits today)

Comments

To Top