Berita

Puncak Perayaan Waisak 2017 Berlangsung di Candi Borobudur

Puncak perayaan Tri Suci Waisak 2017 akan belangsung di Candi Borobudur, Magelang pada tanggal 11 Mei. Namun, ummat Buddha di Magelang sudah melakukan ritual keagamaan sejak 6 Mei kemarin. Nggak heran kenapa perayaan Waisak selalu dipersiapkan dengan baik setiap tahunnya oleh PT Taman Wisata Candi (TWX) Prambanan, Candi Borobudur, dan Candi Ratu Boko. Soalnya, bukan hanya wisatawan dalam negeri yang menikmatinya, namun juga wisatawan luar negeri.

Pengambilan air suci oleh ummat Buddha sudah dilakukan sejak 8 Mei kemarin. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pengambilan air suci kali ini nggak dibarengi dengan pengambilan api abadi. Pengambilan air suci dilakukan di Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Sebelum disemayamkan di kompleks Candi Mendut, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, sejumlah sangha (sekelompok Bhikku) melakukan puja bakti terlebih dahulu untuk mensakralkan air tersebut.

Beberapa sangha dan majelis yang ikut dalam puja bakti air berkah Waisak, di antaranya Sangha Teravada, Mahayana, Tantrayana, Madhatantri, Mahanikaya, Majelis Tridharma, Kasogaran, dan Majelis Mapanbumi. Setelah puja bakti selesai, perwakilan masing-masing sangha dan majelis melakukan pengisian air berkah ke dalam sejumlah kendir. Lalu, dilanjutkan dengan pengisian air berkah sebanyak 12 ribu botol. Air suci pun dibawa ke Candi Mendut sekitar pukul 15.30 WIB, kemudian ada pembacaan doa dan parita suci.

Air suci melambangkan kesejukan, energi positif, kesuburan, dan teladan dengan sifat rendah hati, juga penuh damai. Sedangkan, tujuan perayaan Waisak sendiri adalah untuk memohon berkah keselamatan bagi seluruh warga Indonesia agar terhindar dari segala marabahaya dan malapetaka.

foto oleh: Solopos.com

Pada 9 Mei, dilakukan pengambilan api abadi atau api dharma di Mrapen, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Purwodadi. Air berkah dan api dharma akan dikirab oleh umat Buddha menuju Candi Borobudur pada 10 Mei. Kemudian, upacara perayaan Tri Suci Waisak akan dipusatkan di pelataran Candi Borobudur pada 11 Mei 2017.

Masih ada waktu untuk menikmati ritual perayaan Waisak di Magelang, travelers! Untuk ke Magelang, tentunya kamu bisa transit dulu di Yogyakarta. Yuk. pesan tiket pesawat murah, tiket kereta api, dan hotel murah di Yogyakarta lewat Pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke yogyakarta  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di yogyakarta  cari hotel murah di magelang

Foto utama: http://www.timetravelturtle.com

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

(Visited 145 times, 1 visits today)

Comments

To Top