Destinasi

Pulau Umang, pulau kecil nan eksotik di barat Pulau Jawa

Pulau Umang Banten menjadi alternatif tempat wisata penduduk Jakarta dan sekitarnya dengan nuansa romantis dan eksotis. Kalian nggak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok dan Bali untuk sekedar melepas penat sambil menikmati tenangnya ombak air laut. Nah kali ini, Pegipegi akan ajak travelers untuk blusukan ke Pulau Umang? Ikut yuk!

foto: anekatempatwisata.com

foto: anekatempatwisata.com

 

Lokasi dan Cara menuju ke Pulau Umang

Pulau Umang berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, atau bisa ditempuh sejauh 183 km dari Jakarta. Bila berkendara dengan mobil diperkirakan dapat dijangkau selama 6 jam dengan rute : Tol Jakarta – Merak – keluar di pintu Serang Timur (km ke-71) – jalan Pandeglang – Labuan – Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibalium – Cimanggu – Kecamatan Sumur. Rute ke-2 : Tol Jakarta – Merak – keluar di pintu Cilegon Barat – ikuti rute Anyer-Carita – Labuan – Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibalium – Cimanggu – Kecamatan Sumur.

Akses menuju Kecamatan Sumur memang sudah beraspal halus namun jalan yang berkelok-kelok dan naik turun menuntut kewaspadaan sehingga travelers harus tetap berhati-hati. Perjalanan travelers masih belum selesai karena setelah sampai Sumur, kalian masih harus pergi menuju ke pinggir Pantai Sumur yang letaknya sekitar 1 km untuk mendapatkan tiket penyeberangan. Disana travelers bisa menyewa speedboat dengan tarif Rp100.000* per orang. Nggak lama kok karena untuk menyeberang dari Pantai Sumur – Pulau Umang hanya perlu waktu 5 – 8 menit saja.

 

Indahnya Pulau Umang

Saat berlayar di atas speedboad, dari jauh terlihat sebuah pulau seolah mengambang di tengah laut. Pasir putih yang mengelilingi pulau dengan luas 5 hektar terlihat begitu cantik. Beningnya air dengan semburat warna kebiruan menambah pesona Pulau Umang. Setiba disana, kalian bisa langsung menceburkan diri ke laut untuk merasakan segar dan dinginnya air sebening kristal atau mengambil kamera lalu berburu foto-foto cantik.

Kalau kalian datang karena pengin mengusir penat sambil melakukan olahraga air, kalian juga bisa melakukannya kok. Disini kalian bisa berenang, snorkeling, jetski, sun bathing, memancing, menikmati serunya banana boat, atau bermain bola di pinggir pantai. Saat snorkeling, kalian akan terpesona dengan jejeran terumbu karang berwarna-warni serta ikan-ikannya yang berenang begitu lihai. Dan kalau ingin membakar lemak, kalian juga bisa jogging mengelilingi pulau yang terbilang kecil ini.

 

Selain hembusan angin pantai yang begitu menyejukan, kalian pun dapat menanti detik-detik sunset dari gazebo yang banyak terlihat di sekitar pantai, atau sambil duduk-duduk di atas pasir putih yang lembut dengan secangkir teh. Karena atmosfirnya pantai, jangan lewatkan mencicipi kuliner seafood yang rasanya juara, yaitu ikan kerapu dan kakap merah di malam hari. Bisa digoreng ataupun dibakar. Rasanya tiada duanya deh. Dan sebelum pulang, jangan lupa bawa oleh-oleh berupa souvenir berupa kaos, gantungan kuci serta souvenir yang terbuat dari kerang yang terbingkai begitu cantik.

 

Fasilitas di Pulau Umang

Travelers, biarpun pulau ini tergolong kecil, namun fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap lho. Disana terdapat cottage dan resort menghadap ke laut sehingga view yang didapat hamparan pasir putih dan birunya air laut. Ada juga pusat bisnis, tempat pertemuan, sunset lounge, kolam renang, fasilitas olahraga dan tempat karoke. Oh ya, kalau ingin dapat kamar, kalian mesti pesan jauh-jauh hari mengingat banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di Pulau Umang. Apalagi kalau lagi akhir pekan di liburan.

 

Kalau kamu  pengin praktis dan tidak mau repot melakukan perencanaan liburan, kamu juga bisa ikut paket tur ke Pulau Umang. Jangan khawatir, ada banyak operator yang menyediakan paket wisata sambil melakukan berbagai kegiatan dengan tarif yang kompetitif. Paket murah yang ditawarkan travel agent bisa untuk 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam bagi 2 – 5 orang per cottage. Mulai dari akomodasi lengkap, menjajal permainan di Pulau Umang, transportasi dan penginapan. Yang penting, kalian punya dana dulu untuk bisa menikmati pesona Pulau Umang Banten ini. Selamat berlibur.

 

Keterangan * : Harga berlaku pada saat artikel ini ditulis

(Visited 10,585 times, 5 visits today)

Comments

To Top