Destinasi

Camping ke Pulau Tikus, yuk!

pulau-tikus

Pulau Tikus – mungkin kamu bakal jijik mendengar nama ini. Padahal kalau kamu tahu, traveler, pulau ini begitu cantik. Pulaunya mungil dan layak dijadikan destinasi untuk wisata bahari di kawasan Bengkulu.

pulau-tikus

foto : 1hal.com

Aneka karang serta sumber daya hayati begitu melimpah di Pulau Tikur ini, traveler. Jadi selain mengagumi keindahannya, kamu juga bisa melihat berbagai hewan dan tumbuhan yang mungkin sudah sulit ditemukan di kota-kota besar. Enaknya lagi, kamu bisa camping di Pulau Tikus ini. Seru kan?

Akses menuju Pulau Tikus

Menuju Pulau Tikus tidak terlalu sulit, traveler. Kamu bisa memilih beberapa alternatif jalur laut untuk sampai di pulau dengan ukuran 60x100meter ini.

Lokasi Pulau Tikus berada sekitar sepuluh kilometer di sebelah barat Bengkulu dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Traveler bisa memilih penyeberangan melalui Pantai Tapak Padri dengan waktu tempuh sekitar satu jam dengan menyewa perahu nelayan.

Tapi jika ingin memangkas waktu tempuh, traveler bisa menggunakan speed boat dari Pelabuhan Pulau Baai. Cukup 40 menit saja, kamu sudah sampai di Pulau Tikus.

Sebuah mercusuar yang berdiri kokoh tampak dari kejauhan. Jernihnya air laut serta aneka karang menyambut kehadiran traveler di Pulau Tikus, yang dulunya adalah tempat kapal-kapal berlabuh dan berlindung dari ancaman ombak laut.

Wisata Pulau Tikus

Pulau Tikus mungkin nggak sepopuler Bali atau Lombok, traveler, tapi justru karena masih belum terlalu terjamah, pulau terluar Provinsi Bengkulu ini masih sangat alami. Wajar jika Pulau Tikus kini mulai bisa diandalkan sebagai wisata bahari di Bengkulu.

Dengan luas hanya dua hektar, Pulau Tikus menawarkan keindahan yang tak terelakkan. Aneka karang yang cantik serta kekayaan sumber daya hayati adalah salah satu alasan mengapa traveler wajib datang ke sini.

Pasir putihnya yang begitu lembut menjadikan Pulau Tikus tempat yang sempurna bagi para penyu sisik (eretmocheIys imbricata) dan penyu hijau (cheloma mydas) bertelur, traveler. Nggak hanya itu, Pulau Tikus juga menjadi rumah untuk berbagai jenis burung yang sudah langka.

Burung dara laut, burung bangau hitam, burung kawak maling dan burung pecuk padi termasuk diantara jenis burung yang bisa kamu temukan di Pulau Tikus. Belum lagi kekayaan flora seperti ketapang, nyampiung dan kelapa yang turut mempecantik Pulau Tikus, bikin kamu betah berlama-lama ada di sini.

Suasana pulau yang jauh dari keramaian serta masih alami menjadikan Pulau Tikus tempat yang pas untuk snorkeling, traveler. Berbagai jenis karang serta aneka ikan yang cantik bakal menemani momen snorkeling kamu di Pulau Tikus ini.

Tapi sayang traveler, keberadaan mereka mulai terancam belakangan ini. Sebagian terumbu karang rusak, yang diduga karena perairan laut mulai tercemar. Padahal, terumbu karang yang sangat luas di Pulau Tikus dipercaya bisa melindungi pulau dari abrasi, loh!

Setelah puas menikmati keindahan bawah lautnya, traveler bisa memanjakan diri bersantai sambil menyaksikan matahari tenggelam di atas langit Pulau Tikus. Gumpalan warna oranye yang menghiasi langit membuat pemandangan Pulau Tikus makin menakjubkan.

Meski memiliki potensi wisata yang cukup tinggi, Pulau Tikus boleh dibilang kurang mendapat polesan, traveler. Makanya, sarana dan prasarana pun nggak memadai di pulau ini. Kamu tidak bisa menemukan penginapan di pulau yang cantik ini.

Tapi tenang traveler, kalau mau berlama-lama mengagumi Pulau Tikus, camping di pulau ini bisa jadi agenda menarik. Kerlap-kerlip ribuan bintang di langit menemani malam kamu di tengah suara deruan ombak. Tapi ingat ya, untul selalu menjaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampai di Pulau Tikus.

(Visited 580 times, 1 visits today)

Comments

To Top