Destinasi

Pulau Siladen, satu lagi ‘surga’ para penyelam di Manado

Pulau Siladen Manado

Apa ada di antara kamu yang belum punya foto selfie? Kamu, travelers? Ya udah gak usah minder. Ayo deh kita ke Pulau Siladen aja buat bikin foto selfie paling ciamik dan pasti bakal dapet banyak jempol dari teman-teman n fans kamu. Buat kamu yang nggak ngeh Pulau Siladen ada di mana, nih baca dulu liputan Pegipegi tentang pulau imut nan cantik yang ada di perairan Sulawesi Utara.

Pulau Siladen, surganya para diver

Pulau Siladen Manado

Foto: robeston.wordpress.com

Datanglah ke Pulau Siladen n kamu akan disambut oleh hamparan air berwarna biru kehijauan yang super jernih dan tenang. Pantai berpasir putih bersih akan menyambut kehadiranmu dengan teksturnya yang lembut dan pepohonan nyiur yang berjajar di sekeliling pantai. Penduduk asli Pulau Siladen dikenal sangat ramah dan mereka akan jadi teman barumu selama berlibur di pulau ini. Ada beberapa cottages maupun resort yang bisa kamu sewa, harganya agak mahal karena memang pengunjung Pulau Siladen sebagian besar adalah turis asing.

Air biru kehijauan di sekeliling Pulau Siladen pasti bakal bikin kamu ngga betah lama-lama mengurung diri dalam kamar hotelmu. Segera bawa peralatan diving dan snorkelingmu buat melihat dengan mata kepala sendiri keindahan taman laut alami di dua titik penyelaman utama di sekitar Pulau Siladen. Jangan lewatkan kesempatan ini buat melihat sendiri ikan-ikan badut alias Nemo yang sedang berkejar-kejaran di antara karang dan berselfie sepuasnya bersama mereka di sini.

Sebenarnya sih Pulau Siladen masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken, travelers. Pulau Siladen jadi tempat persinggahan turis yang mau ke Bunaken dan pengen bermalas-malasan dulu di pantai pasir putihnya yang tersembunyi demi kenyamanan privasi.

Buat para turis yang ngga bisa berenang atau diving tapi penasaran sama kecantikan alam bawah laut Pulau Siladen ngga perlu kecewa. Di Pulau Siladen udah tersedia perahu katamaran, semacam kapal motor kecil yang dirancang dengan kaca di bagian bawah kapal. Para penumpang yang duduk di atasnya bisa melihat ikan-ikan cantik di dalam laut melalui kaca itu karena pendamping kamu di kapal akan melemparkan semacam makanan ikan agar mereka datang berkumpul di bawah kakimu. Asyik ‘kan?

Cara mengunjungi Pulau Siladen

Meski kecantikannya bikin kamu terkagum-kagum, Pulau Siladen ternyata punya sejarah yang ngga terlalu menyenangkan, travelers. Dalam bahasa setempat ‘siladen’ berarti kandas. Entah kapan tepatnya sebuah kapal milik orang Sangier memang benar-benar tenggelam di perairan sekitar Pulau Siladen, sekaligus jadi momentum yang membuat pulau terpencil ini bernama ‘Siladen’. Pegipegi pun masih sangsi tentang kesahihan berita ini. Kalo kamu penasaran, cobalah bertanya sama penduduk setempat. Siapa tau mereka mau mengantarmu melihat-lihat ke perairan di dekat kapal yang karam itu.

Cara paling mudah buat mendatangi Pulau Siladen adalah naik pesawat dari kota asalmu yang menuju Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi. Dari Bandara carilah angkot menuju Pelabuhan Pasar Bersehati untuk naik kapal umum ke Siladen yang biasanya sih berangkat antara jam 1 sampai 3 siang WITA. Dan kapal umum ini baru akan kembali ke Pulau Siladen sekitar jam 7 pagi keesokan harinya, artinya kamu musti nginap semalam di Pulau Siladen.

Kalo kamu ngga ada rencana buat menginap lebih baik kamu sewa motor boat aja, travelers. Kamu bisa sewa motor boat dari Pelabuhan Caraca dan Pelabuhan Bersehati, tapi harga sewa motor boat dari Pelabuhan Caraca memang lebih mahal. Sekitar Rp 750 ribuan ribu sekali berangkat. Kalo di Pelabuhan Pasar Bersehati kamu bisa sewa perahu motor yang disewakan sama penduduk asli Pulau Siladen dan harga sewanya lebih murah, hanya Rp 300 ribuan aja sekali berangkat dan Rp 600 ribuan buat perjalanan pulang pergi.

Kamu pengen banget ke Pulau Siladen sekarang buat menikmati pemandangan bawah laut Sulawesi Utara yang terkenal cantiknya sampe ke mancanegara? Yuk hubungi Pegipegi sekarang buat pesan tiket pesawat ke Manado dan booking kamar hotel nyaman terjangkau di Manado dan sekitarnya

(Visited 293 times, 1 visits today)

Comments

To Top