Destinasi

Pulau Sempu, Spot Petualangan Seru di Malang yang Terlarang

Siapa bilang Malang cuma punya spot petualangan pegunungan? Jika kamu jelajahi lebih dalam, Malang juga siap menghipnotis kamu dengan keindahan alam baharinya, salah satunya Pulau Sempu.

Terletak di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Pulau Sempu menawarkan spot petualangan yang seru banget. Dengan luas sekitar 877 hektar, pulau yang langsung berada di Samudera Hidia ini dibalut dengan hamparan hutan lebat.

Yang bikin menarik dari Pulau Sempu adalah hadirnya Segara Anakan yang sangat cantik. Danau alam berwarna hijau ini siap menghipnotis siapapun yang datang dengan pesona menawannya, lho.

Dengan kontur permukaan berbukit, kamu nggak bakal menemukan manusia di Pulau Sempu. Yang ada hanyalah berbagai jenis satwa liar yang sebagian besar dilindungi keberadaannya. Mulai dari lutung jawa, kera hitam, kera abu-abu, kijang dan kancil hidup berdampingan di sini.

Sehingga, Pulau Sempu ditetapkan sebagai cagar alam yang dilindungi sejak 1928. Dengan status tersebut, nggak sembarang orang bisa masuk ke kawasan ini, lho! Harus ada izin dari pemerintah setempat, dalam hal ini Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA).

Bahkan, larangan untuk berwisata ke Pulau Sempu terbit pada 2017 lalu. Sehingga, aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini hanya sebatas untuk penelitian dan pengembangan, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kegiatan lain yang menunjang budidaya.

Tapi jangan khawatir. Karena di sekitar Pulau Sempu, ada beberapa destinasi wisata yang nggak kalah cantik dan bisa banget dikujungi oleh wisatawan, salah satunya Pantai Sendang Biru yang terletak di sebelah utara Pulau Sempu.

Selain dikenal dengan panorama alammya, Pantai Sendang Biru dikenal sebagai salah satu penghasil ikan tuna terbesar di Indonesia. Jenis ikan tuna yang bisa ditemukan di sini adalah blue fin dan yellow fin. Ikan tuna banyak dikonsumsi di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan mudah untuk diolah.

Saking banyaknya, setiap hari Pantai Sendang Biru dapat menghasilkan ikan tuna sebanyak 100 ton, lho. Nggak hanya ikan mentah, kamu juga bisa menikmati langsung ikan tuna yang baru ditangkap.

Sekalian liburan ke Malang! Yuk, pesan tiket pesawattiket kereta api, dan cari hotel murah di Malang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top