Destinasi

Pulau Panjang, Jepara, surga kecil di Pantai Utara Jawa

Pulau-Panjang jepara

Kalau menurut kamu Jepara cuma punya Karimunjawa, kamu salah besar. Ada Pulau Panjang yang pesonanya nggak kalah memukau. Selain wisata alam dengan pemandangan ciamiknya, traveler juga bisa berwisata religi di Pulau Panjang. Ya, nama Pulau Panjang di Jepara kedengarannya belum terlalu populer seperti Karimunjawa, traveler. Tapi tenang, kalau kamu memang berniat mengunjungi tempat lain, Pulau Panjang lumayan recommended, kok.

Pulau-Panjang jepara

foto: anekatempatwisata.com

 

Akses menuju Pulau Panjang

Meski belum banyak yang tahu soal Pulau Panjang, mengunjungi pulau tak berpenghuni ini mudah dijangkau, traveler. Pulau ini termasuk pulau-pulau kecil yang posisinya ada di Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, traveler.

Ada dua opsi penyeberangan jika kamu mau mengunjungi Pulau Panjang, traveler. Pilihan pertama adalah dari Pantai Kartini dengan jarak 2,5 kilometer atau butuh waktu kurang lebih sepuluh menit untuk sampai ke Pulau Panjang. Kamu bisa naik perahu kayu dengan bayaran Rp15.000 per orang untuk pulang pergi. Tapi, kamu mesti sabar jika memilih opsi yang ini karena nelayan akan menunggu hingga perahu penuh untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Kalau kamu nggak sabar, bisa menyewa perahu dengan tarif Rp200.000 sampai Rp300.000 sesuai negosiasi, traveler.

Oiya, meski keberangkatan ke Pulau Panjang dan Karimunjawa sama-sama dari Pantai Kartini, tapi dermaganya berbeda ya, traveler. Di sini ada papan petunjuk dermaga kapal untuk ke Pulau Panjang, jadi kamu nggak perlu khawatir salah naik perahu. Sementara dari Pantai Bandengan jaraknya lebih jauh sedikit, sekitar empat kilometer dan perjalanan memakan waktu kira-kira 20 menit. Kalau urusan tarif perahu, nggak berbeda jauh dengan keberangkaran dari Pantai Kartini, traveler.

Hanya saja, perahu yang biasa mengantar traveler dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang biasanya terdapat tulisan Sapta Pesona, sementara dari Pantai Bandengan ada perahu Wisata Bahari. Sepanjang perjalanan menyeberang ke Pulau Panjang, kamu bakal disuguhkan pemandangan laut lepas yang airnya sangat jernih.

 

Objek wisata di Pulau Panjang

Begitu sampai di dermaga Pulau Panjang, air yang jernih lengkap dengan hamparan pasir putihnya sudah menunggu traveler di sana. Saking jernihnya, kamu bisa melihat terumbuh karang dari permukaan.

 

Tak puas cuma memandangi terumbu karang? Maka berenang atau snorkling menjadi kegiatan yang menyenangkan di Pulau Panjang. Apalagi, pulau ini dikelilingi laut dangkal sehingga airnya tidak memiliki arus yang deras dan kamu bisa lebih tenang tanpa takut terseret ombak saat bermain air.

 

Suasana di Pulau Panjang relatif sejuk, karena banyak pepohonan yang mengelilingi pulau ini. Nah, setelah puas bermain air kamu bisa mengelilingi Pulau Panjang dengan tracking, karena bagian tengah pulau ini berupa hutan tropis, traveler.

 

Jangan membayangkan medan yang sulit atau menyeramkan saat tracking di Pulau Panjang. Kamu bisa dengan nyaman mengelilingi pulau karena pihak pengelola menempatkan paving block untuk para traveler. Pepohonan yang tinggi dan hijau menjadi teman selama kurang lebih satu jam berkeliling di Pulau Panjang.

Selain tracking dan bermain air, kamu juga bisa wisata religi di Pulau Panjang, traveler. Di sini terdapat kompleks pemakaman Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy, yang merupakan salah satu penyebar agama Islam di Jepara. Nggak sedikit pengunjung yang datang ke Pulau Panjang ini untuk berziarah ke makam Syekh Abu Bakar. Saat diadakan peringatan bulan Syoro (Muharam), jumlah peziarah akan melonjak drastis.

 

Sayangnya, di Pulau Panjang ini belum terdapat fasilitas umum yang memadai, termasuk penginapan atau hotel. Makanya, traveler nggak bisa bermalam di pulau yang cantik ini.

 

Biar begitu, nggak ada salahnya memasukkan Pulau Panjang sebagai tempat wisata alternatif di Jepara selain Karimunjawa, ya, traveler!

(Visited 40,200 times, 5 visits today)

Comments

To Top