Destinasi

Pulau Pagang, ikon baru pariwisata Sumatera Barat

Pulau Pagang

Pulau Pagang, sebuah pulau imut di tengah laut barat Sumatera, kini menjadi ikon baru pariwisata provinsi Sumatera Barat. Pulau ini diharapkan dapat mengangkat imej dan potensi provinsi ini di bidang pariwisata, tentunya. Apa yang istimewa dari pulau ini?

Pulau seluas 10 hektar ini punya pantai berpasir putih yang empuk dan hangat, pohon nyiur melambai mendominasi hutan kecil yang masih alami. Dikelilingi perairan berwarna biru jernih nan tenang dan gugusan terumbu karang yang terpelihara membuat Pulau Pagang menjadi incaran mereka penghobi snorkeling, atau sekedar ingin merasai sensasi berenang di laut lepas.

Pulau Pagang

foto: tripadvisor.com

Lokasi dan cara menuju ke Pulau Pagang

Secara administratif, Pulau Pagang adalah bagian dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, travelers. Dan kamu bisa mendatanginya lewat dua jalur. Pertama, dari Kota Padang. Carilah angkot jurusan Pelabuhan Muaro, trus sampai di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu motor untuk membawamu ke Pulau Pagang. Durasi penyeberangan juga nggak lama, hanya sekitar 40 menit hingga 1 jam.

Kedua, lewat Kabupaten Pesisir Selatan. Dari pusat kota naik angkot atau taksi ke Pelabuhan Carocok Tarusan, trus di pelabuhan kamu bisa menyewa perahu motor bapak-bapak nelayan yang akan mengantarmu ke Pulau Pagang dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Tarif sewa perahu motor, baik di Pelabuhan Muaro maupun Pelabuhan Carocok cukup bervariasi dan amat tergantung dari keahlianmu bernegosiasi alias menawar. Kalo pengen irit, gabung aja sama rombongan lain yang mau menyeberang ke Pulau Pagang, travelers.

Kalo kamu agak ngeri naik perahu motor, kamu bisa pilih alternatif ketiga. Dari Pasar Raya Padang cari ojek yang mau membawamu ke Pelabuhan Bungus. Di pelabuhan ini tersedia kapal penumpang berukuran kecil lengkap dengan nahkoda dan awak kapal yang bisa disewa untuk menyeberang ke Pulau Pagang dengan kapasitas 6-8 orang. Tapi harga sewanya sedikit mahal, antara Rp 1 juta sampai Rp 1.250.000

Last but not least, pilih aja paket tur ke Pulau Pagang kalo kamu nggak mau repot cari-cari perahu sewaan dan tempat menginap. Harga paket tur juga nggak mahal-mahal amat, hanya sekitar Rp 400 ribu-Rp 500 ribu per orang. Itu udah termasuk ongkos sewa perahu, penginapan dan makan dua kali sehari.

Persiapan sebelum tur ke Pulau Pagang

Pulau Pagang yang cantik dan lengang pas banget buat kamu yang hobi jalan-jalan tapi nggak suka keramaian. Atau kalo kamu pengen seru-seruan sama teman-teman satu geng tanpa diganggu n mengganggu siapapun.

Pegipegi jamin kamu nggak akan lupa rasanya hidup di Pulau Pagang, pulau dengan perkampungan terpencil, jauh dari hiruk pikuk kota. Kamu mungkin hanya akan mendengar suara debur ombak sepanjang hari, dan jangan harap bisa nonton tv atau mengutak-atik gadget karena listrik di Pulau Pagang sangat terbatas. Air bersih cukup melimpah meski rasanya sedikit asin/ payau. Internet? Wah, jangan tanya itu deh ..

Satu hal yang musti kamu punya sebelum berpetualang ke Pulau Pagang adalah kesiapan mental, apalagi kalo kamu udah terbiasa hidup enak sebagai anak kota, travelers.

Selain baju yang nyaman dan menyerap keringat, jangan lupa bawa air mineral, roti, camilan dan bahan makanan siap saji (mi instan), karena enggak ada warung di Pulau Pagang. Trus jangan lupa bawa losion anti nyamuk atau obat nyamuk bakar buat menghalau nyamuk Pulau Pagang yang terkenal ganas.

Cairan pencuci tangan dan tisu basah wajib hukumnya supaya tanganmu tetap higienis sebelum menyentuh makanan apapun. O iya, alat snorkeling sepertinya harus kamu bawa dari rumah karena di Pulau Pagang belum tersedia jasa rental perangkat snorkeling yang layak.

Pulau Pagang yang tak terlupakan

Meski fasilitas di Pulau Pagang masih sangat sederhana, bukan berarti kamu akan kehilangan keceriaan, travelers. Berkenalanlah dengan warga penghuni Pulau Pagang, siapa tau mereka mengijinkanmu ikut menangkap ikan atau bersedia mengantarmu trekking ke bukit kecil di tengah pulau.

Panorama Laut Barat Sumatra dari bukit kecil ini tampak begitu indah dan sempurna. Bayangkan kamu sedang berada di ketinggian, memandang birunya laut dimana-mana. Ada pulau-pulau karang kecil , trus ada juga perahu-perahu nelayan disana dan tampaklah kemegahan Kota Padang di kejauhan. Cocok buat difoto dan dipamerkan di timeline akun sosmed kamu!

Penduduk yang tinggal di Pulau Pagang memang enggak banyak, tapi mereka cukup ramah kok sama wisatawan. Kalo kamu pandai mengambil hati, mungkin mereka akan mengundangmu makan bersama menikmati kuliner khas kepulauan, yaitu ikan laut bakar plus nasi hangat dan sambal dan gratis pula. Nyammm …

Pengen membuktikan sendiri serunya jalan-jalan ke Sumatra Barat? Jangan buru-buru berangkat, travelers. Buat dulu rencana perjalanan sematang mungkin dan pesan tiket pesawat di Pegipegi.com mulai sekarang biar nggak kehabisan.

 

(Visited 1,940 times, 1 visits today)

Comments

To Top