Destinasi

Intip fenomena laut terbelah di Pulau Morotai

pulau-morotai

Buat travelers yang hobi wisata air pasti sudah pernah dengar tentang Pulau Morotai. Sebuah pulau luarbiasa yang dimiliki oleh Maluku Utara dan menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan ‘surga dunia’. Sebuah pulau terpencil yang membuatmu dapat melupakan masalah yang dibawa saat plesiran.

Travelers, tahukah kamu? Ternyata ada satu fenomena unik yang dimiliki oleh Pulau Morotai dan jarang ditemukan di tempat lain. Betul banget, keberadaan fenomena ‘laut terbelah’ seperti pada kisah Nabi Musa bisa terlihat jelas di sini lho. Penasaran gimana terjadinya? Pegipegi punya ceritanya buat kamu.

 

pulau-morotai

foto : keranjangkue.wordpress.com

Laut terbelah di Pulau Morotai

Fenomena laut terbelah yang terjadi di Pulau Morotai dapat dilihat dengan jelas diantara Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Pulau Dodola Besar yang punya luas sekitar 948.283 m2 dan Pulau Dodola Kecil yang punya luas 121.653m2 ini letaknya memang tidak begitu jauh. Kalau air laut lagi pasang, untuk menjangkau satu pulau ke pulau satunya lagi harus dengan perahu. Jika tidak, kamu bakalan basah kuyup.

Tapi kalau air laut sedang surut, kamu bisa dengan mudah melenggang santai dengan berjalan kaki dari Dodola Besar ke Dodola Kecil, atau sebaliknya. Gosong pasir yang menjadi penghubung dua pulau ini pun sangat menarik dan menjadikan fenomena ‘laut terbelah’ di Pulau Morotai. So, travelers yang lagi ada di sekitar pulau tersebut pun bisa langsung merasakan kepuasan batin karena dapat menyeberangi dua pulau dengan jalan kaki ataupun berlari karena sudah tersambung.

Fenomena lain yang terjadi berbarengan dengan ‘laut terbelah’ adalah terciumnya aroma harum kopi. Ternyata, aroma ini muncul dengan adanya ‘batu kopi’ yang membentang diantara Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. So kalau kamu penggemar berat kopi, pasti betah banget berlama-lama di sini dan langsung tergoda dengan aroma khas minuman hitam di Pulau Morotai. Unik banget ‘kan?

daratan Gosong

kedaipelancong.com

 

Lakukan aktivitas ini di Pulau Morotai

Travelers, selain bisa menyaksikan langsung fenomena ‘laut terbelah’ dan gosong pantai yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil di Pulau Morotai, kamu juga bisa melanjutkan kegiatan lain yang nggak kalah mengasyikan. Terutama buat kamu yang emang punya passion melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air.

Kamu bisa snorkeling untuk menyaksikan satwa laut dari perairan dangkal, diving di spot-spot menakjubkan dengan panorama terumbu karang yang berwarna-warni, atau sekedar berenang untuk melemaskan otot di tengah laut Pulau Morotai yang begitu jernih. Semua hobi tersebut wajib kamu lakukan karena rugi berat kalau ke sana hanya duduk-duduk di pinggir pantai.

Suasana dan atmosfir seperti inilah yang diperlukan travelers untuk rileksasi. Nggak heran kalau Pulau Morotai yang begitu adem dan menenangkan jadi lokasi favorit Jenderal MacArthur serta tentara sekutu pada masa Perang Dunia II. Terutamanya adalah Pulau Dodola. Tempat peristirahatan yang terisolasi dari keramaian ini benar-benar menyihir para pengunjung sehingga sampai sekarang pun Pulau Morotai menjadi destinasi wisata favorit travelers lokal dan mancanegara.

Untuk mencapai Pulau Dodola, kamu perlu naik speedboat dengan waktu kurang lebih 20 menit dan pulau ini hanya perlu dijangkau sejauh 5 km saja dari Daruba, yaitu ibukota Kabupaten Morotai. Jadi mudah sekali ‘kan untuk mencapai Pulau Dodola?

Dodola Besar dan Dodola Kecil yang ada di Pulau Morotai itu tergolong pulau tak berpenghuni. Tapi kamu nggak usah risau. Kalau pengin menikmati pesona pulau ini, di sana ada 3 penginapan yang cukup memadai sebagai tempat beristirahat sebelum melanjutkan eksplorasi Pulau Morotai dan sekitarnya.

Nah, kalau sekarang kamu tertarik dan pengin melihat fenomena ‘laut terbelah’ dan melakukan aktivitas air, langsung saja cuuss ke Pulau Morotai. Happy holiday!

(Visited 959 times, 1 visits today)

Comments

To Top