Destinasi

Pulau Menjangan, spot diving paling keren di Bali

Apa sih asiknya diving? Bukannya aktivitas ini cuma buang-buang uang aja karena kita musti punya (minimal nyewa) aneka peralatan yang enggak murah? Belum lagi masa latihan yang perlu waktu lama dan biaya yang nggak sedikit juga.

Tapi apakah kamu enggak penasaran kalo lihat foto-foto pemandangan bawah air yang cakep-cakep di majalah? Dengan menguasai diving kamu juga bisa melihat sendiri apa yang disembunyikan alam di bawah air, atau seberapa besarkah kerusakan yang diperbuat manusia di dalam sana akibat metode penangkapan ikan yang kurang bijaksana.

foto: happyfuntour.blogspot.com

foto: happyfuntour.blogspot.com

Karena Indonesia adalah negara kepulauan, jadi wajar dong kalo di sini tersimpan beragam taman laut yang hanya bisa dilihat kalo kamu menguasai teknik menyelam. Pulau Bali, misalnya, tidak hanya punya satu spot diving. Ada lima titik di sekitar Pulau Dewata yang udah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara sebagai titik diving yang wajib dikunjungi. Namun, hanya satu spot saja yang berhak mendapat predikat sebagai spot diving terindah di Bali.

Spot incaran divers mancanegara

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil di perairan sebelah barat Kabupaten Buleleng yang bisa kamu datangi setelah berkendara sejauh 60 km atau sekitar 45 menit. Pulau yang berada di bawah manajerial Balai Taman Nasional Bali Barat ini memang tidak sepopuler Pantai Kuta atau Tanah Lot. Tapi hanya di sini aja kamu bisa trekking keliling hutan, berfoto bersama rusa, atau melihat dari dekat kipas laut raksasa.

Pulau Menjangan juga menjadi rumah buat beberapa satwa yang selama ini hanya bisa kamu lihat di televisi, seperti rusa, penyu, ikan kakap dan ikan kelelawar. Belum lagi terumbu karangnya yang masih terjaga cukup baik berkat larangan menangkap ikan menggunakan bom ikan atau pukat harimau yang diberlakukan oleh pemerintah setempat.

Tapi, ingat ya travelers. Meski terumbu karang atau ikan-ikan kecil di dasar laut itu cantik-cantik, bukan berarti kamu boleh membawa mereka pulang. Berselfie ria aja udah cukup kok sebagai bukti bahwa kamu pernah ke surga bawah laut ini. Jangan sentuh apapun, apalagi mengambil sebutir batu koral yang paling kecil sekalipun, agar keindahan taman laut Pulau Menjangan dapat dinikmati oleh lebih banyak orang di masa mendatang.

Penasaran, kan? Yuk, siap-siap jalan ke Bali musim liburan mendatang dengan pesan tiket pesawat ke Bali sekarang di Pegipegi.

(Visited 525 times, 1 visits today)

Comments

To Top