Destinasi

Melongok Keindahan Pulau Macan di Kepulauan Seribu

Blog-472x394

Pesona Kepulauan Seribu pasti sudah tidak asing lagi bagi travelers, terutama yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. Pulau-pulau seperti Pulau Tidung, Pulau Semak Daun dan Pulau Pari hampir selalu dipenuhi travelers yang ingin ‘melarikan diri’ sejenak dari kesibukan sehari-hari tanpa menempuh jarak terlalu jauh.

Tapi, apakah kamu pernah mendengar soal Pulau Macan? Popularitas pulau ini sebenarnya sudah terdengar sejak dua tahun lalu. Namun, tidak perlu bingung kalau Pulau Macan memiliki pengunjung lebih sedikit dibandingkan ‘tetangga-tetangganya’ di Kepulauan Seribu. Pasalnya, Pulau Macan memang merupakan sebuah resor bertema eco yang cukup mewah di mana pihak pengelola membatasi tamu yang datang ke sana.

Pulau Macan sendiri sebenarnya ada dua, travelers. Ada Pulau Macan Besar yang merupakan tempat penginapan, serta Pulau Macan Kecil yang tak tersentuh dan dibiarkan tanpa penghuni.

Tiger Islands Village & Eco Resort, penginapan yang ada di Pulau Macan Besar, memadukan nuansa alami berkonsep eco dengan teknologi modern. Sebagian makanan yang disuguhkan pihak pengelola resor benar-benar merupakan hasil kebun organik mereka sendiri lho! Menurut testimoni beberapa tamu yang pernah menginap di sana, menu makanan yang disajikan terbilang sederhana. Tapi kesegaran bahannya membuat rasa makanan tersebut sangat lezat.

Pulau Macan memiliki sejumlah fasilitas selain pondokan-pondokan untuk menginap. Beberapa diantaranya adalah Club House yang merupakan bangunan utama untuk menikmati hidangan yang disajikan secara buffet sekaligus bersantai sambil menonton film dari koleksi DVD yang ada ataupun membaca; Bamboo Bar & Sundeck untuk kamu yang ingin bercengkerama dengan tamu-tamu lain dan berjemur di bawah sinar matahari; serta tenda penyimpanan alat-alat sekaligus toko yang menyimpan perlengkapan snorkeling untuk digunakan para tamu dan toko suvenir maupun snack.

Tipe kamar yang disediakan resor Pulau Macan ada beberapa macam nih, travelers. Yang paling terjangkau adalah tipe Island Tent atau tenda. Meskipun judulnya tenda, tapi jangan bayangkan kamu harus bermalam di tenda ala camping ya. Tenda yang disediakan resor memiliki matras, seprai bersih, bantal serta lilin untuk mengusir nyamuk. Tenda ini juga bisa memuat hingga 3 orang kok, travelers.

Penasaran tipe kamar apa yang paling populer di Pulau Macan? Sunset Hut jawabannya. Pondokan ini bisa dihuni 4 orang dengan leluasa karena memiliki 1 double bed dan 2 single bed. Istimewanya adalah, pondokan ini menghadap ke Barat di mana kamu bisa menikmati pemandangan sunset tanpa terganggu. Sunset Hut juga memiliki en suite bathroom yang indah dan menambah kental suasana alami.

Selain bersantai di penginapan, tentunya setelah sampai di pulau ini kamu harus merasakan nikmatnya aktivitas snorkeling maupun scuba diving dong. Jangan khawatir, travelers, seperti sudah disebutkan di atas, pengelola resor sudah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan kok. Atau, kalau kamu lebih suka island-hopping, pengelola resor juga bisa mengatur perjalanan menggunakan perahu untuk mengunjungi pulau-pulau tetangga, termasuk Pulau Macan Kecil.

Berapa sih budget yang harus disiapkan untuk menikmati kenyamanan Pulau Macan ini? Untuk tamu dewasa, kamu harus merogoh kocek setidaknya Rp 1,5 juta per orang untuk menginap selama 2 hari 1 malam. Perlu dicatat, rate itu berlaku untuk weekdays dengan tipe penginapan berupa tenda ya. Jadi, kalau kamu menginginkan kabin ataupun villa yang lebih besar, tentu harganya akan semakin mahal. Kalau kamu membawa anak kecil berusia 3-10 tahun, tarif untuk menginap di tenda pada saat weekdays adalah sekitar Rp 1,3 juta per orang per malam. Sementara, untuk bayi berusia kurang dari 3 tahun tidak dikenakan biaya apapun.

Meskipun terkesan mahal, tapi tarif itu sudah termasuk banyak hal lho, travelers. Dengan membayar tarif tersebut, kamu sudah tidak perlu memikirkan soal penyeberangan dari Marina Ancol menuju Pulau Macan dan sebaliknya. Selain itu, kamu juga sudah mendapatkan makanan selama menginap dan snack serta minuman yang bisa kamu nikmati tanpa batas. Penggunaan fasilitas seperti perlengkapan snorkeling, perahu ataupun permainan seperti ‘macan tennis’ dan biliar juga termasuk lho! Oya, tidak lupa juga retribusi masuk ke Taman Nasional Pulau Seribu.

Tuh, kamu hanya tinggal membawa ‘diri’ serta pakaian kan?

Tidak terlalu susah untuk menuju ke Pulau Macan ini, travelers. Kamu hanya perlu menunggu di Pantai Marina Ancol, tepatnya Dermaga 6, dan melakukan perjalanan sekitar 90 menit sebelum tiba di Pulau Macan. Kapal yang disediakan Tiger Islands Village & Eco Resort stand by di Marina Ancol setiap hari pada pukul 8 pagi untuk mengantarkan tamu. Sementara, untuk kembali ke Jakarta, kapal akan berangkat dari Pulau Macan pada pukul 2 siang setiap hari Minggu, atau pukul 4 atau 4.30 sore jika menggunakan inter island ferry.

 

Butuh info tentang penginapan di sekitaran Jakarta? Pegipegi punya banyak pilihan hotel sesuai keinginan dan budget kamu!

 

 

(Visited 13,631 times, 1 visits today)

Comments

2 Comments

Comments

To Top