Destinasi

Pulau Lengkuas, Ikon Belitung yang Harus Disambangi

Jika kamu merupakan penggemar Pulau Belitung, pasti nggak asing dengan Pulau Lengkuas yang juga menjadi ikon Belitung. Jadi, kalau main ke Belitung dan mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang, kamu bisa langsung menyewa kapal untuk menyebrang ke Pulau Lengkuas. Waktu yang tepat untuk island hopping adalah di bulan April sampai Agustus, karena di bulan-bulan tersebut adalah musim kemarau dan ombaknya nggak terlalu kencang. Sebelum ke sana, Pegipegi pengin mengajak kamu untuk berkenalan dengan Pulau Lengkuas.

Terkenal akan menara mercusuarnya

Mercusuar di Lengkuas didirikan oleh perusahaan yang berada di Belanda bernama L.I Enthoven Co pada tahun 1882. Mercusuar digunakan untuk mengawasi kapal yang mondar-mandir di Belitung. Hingga kini, mercusuar tersebut juga masih berfungsi. Bahkan juga bisa untuk menikmati pemandangan pulau-pulau di sana dari ketinggian.

Dulu, kita bisa naik ke atas untuk menikmati pemandangan sekitar. Namun, sejak pertengahan 2017, sudah ada larangan untuk masuk ke sana. Karena, sempat terjadi konflik antara petugas dan pengunjung.

Asal mula nama Lengkuas

Awalnya pulau ini diberi nama Pulau L.I. Enthoven Co, sesuai nama perusahaan yang mendirikan menara mercusuar. Waktu itu, orang Belitung sangat sulit mengucapkan Bahasa Belanda, jadi dipermudah dengan diubah menjadi Bahasa Inggris, yaitu Pulau Lighthouse. Namun, masih aja sulit diucapkan, sehingga dipelesetkan menjadi Pulau Lengkuas. Jadi, asal kata lengkuas bukan dari nama rempah-rempah, ya. Hihihi…

Batu granit dan alamnya cantik

Pasirnya putih, airnya biru dan jernih, sehingga kamu bisa menikmati keindahan dasar laut di Pulau Lengkuas. Kumpulan batu granitnya yang besar dan melebihi besar tubuh manusia pun menambah eksotisme pulau ini. Jangan lupa, sempatkan waktu untuk berfoto atau menaiki batu granit yang besar untuk berfoto.

Pulau Lengkuas juga terkenal sebagai spot memancing terbaik di Belitung. Kamu yang hobi memancing, bisa menyewa kapal untuk menuju ke spot tersebut dengan menyewa kapal milik pengelola pulau. Beberapa jenis ikan yang ada di Pulau Lengkuas adalah  ikan kakap merah dan mayong.

Jangan khawatir bakal haus atau lapar, soalnya di Pulau Lengkuas ada banyak warung untuk duduk-duduk, makan, dan minum air kelapa muda. Enak banget kan, ngemil sambil minum air kelapa segar, juga ditemani angin sepoi-sepoi di pulau. Untuk yang mau main ke Lengkuas, yuk, rencanakan liburan dengan pesan tiket pesawat dan cari hotel murah di Belitung lewat Pegipegi! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke belitung  cari hotel murah di belitung

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

 

Comments

To Top