Destinasi

Pulau Kemaro, Wisata Legendaris yang Romantis di Palembang

Liburan di kota Palembang nggak lengkap kalau belum main ke Jembatan Ampera. Nah, nggak jauh dari situ, terdapat atraksi wisata yang cukup menarik untuk dikulik, Pulau Kemaro.

Terdapat di pinggir Sungai Musi, Pulau Kemaro merupakan sebuah delta kecil yang terbentuk dari proses sedimentasi. Letaknya pun hanya enam kilometer dari Jembatan Ampera yang tersohor.

Buat yang penasaran, Pulau Kemaro menawarkan destinasi wisata cantik yang nggak kamu temui di pulau-pulau sungai lainnya, lho. Di pulau ini, kamu bisa menemukan atmosfer khas Pecinan dengan pagoda yang berdiri kokoh.

Pagoda tersebut dikenal sebagai Klenteng Hok Tjing Rio. Saat perayaan Cap Go Meh, ribuan warga keturunan Tionghoa bakal memadati klenteng yang satu ini untuk melakukan beragam ritual untuk menghormati para leluhur.

Nah, di balik berdirinya bangunan ini, ada kisah yang cukup mengharukan untuk ditilik. Konon katanya, ada sebuah makam di depan pagoda yang dibangun untuk menghormati sepasang kekasih, Siti Fatimah dan Tan Bun An yang tenggelam di Sungai Musi.

Usai menikah di Cina, Siti Fatimah dan Tan Bun An memutuskan pulang ke Palembang. Saat tengah melintasi Sungai Musi, sang suami nekat menyelam guna menyelamatkan tujuh guci pemberiaan orang tuanya yang nggak sengaja ia tenggelamkan.

Lantaran nggak muncul ke permukaan, Siti Fatimah pun memutuskan untuk menyelamatkan suaminya. Sayang, nyawa kedua nggak tertolong karena derasnya arus Sungai Musi. Kisah tragis tersebut sampai sekarang menjadi salah satu alasan wisatawan berkunjung ke Pulau Kemaro.

Jodoh di Pohon Cinta

Selain pagoda yang menawan, Pulau Kemaro juga menawarkan satu atraksi romantis lagi, Pohon Cinta. Sesuai dengan namanya, pohon yang satu ini punya magis tersendiri bagi kamu yang tengah memadu kasih dengan pasangan.

Mengambil kisah tragis nan romantis Siti Fatimah dan Tan Bun An, Pohon Cinta dianggap melambangkan cinta sejati dua bangsa dan dua budaya, Melayu dan Tionghoa. Nah, mitosnya, siapapun yang mengukir namanya beserta pasangan, hubungan kasih akan berlanjut hingga ke altar pernikahan.

Nggak heran, banyak muda-mudi datang ke Pulau Kemaro untuk membuktikan mitos tersebut. Meskipun harus menempuh perjalanan selama 30-40 menit dengan perahu di atas Sungai Musi.

Dengan jumlah penduduk yang hanya ratusan, Pulau Kemaro adalah destinasi yang pas buat kamu liburan bareng pasangan maupun keluarga. Apalagi, jelang Asian Games 2018, pulau yang satu ini dijamin bakal jadi incaran wisatawan.

Mau liburan di Pulau Kemaro? Sekalian mampir ke Palembang, ya. Biar makin murah, jangan lupa booking tiket pesawat ke Palembang dan pesan hotel murahnya di Palembang lewat Pegipegi, ya!

Pesan Tiket Pesawat ke Palembang Cari Hotel Murah di Palembang

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top